Rabu, 1 Oktober 2014

YOUR BODY

YOUR BODY

Loading...

Rubella Rubella

DEFINISI

Rubella (juga dikenal dengan cacar Jerman atau cacar tiga hari) adalah infeksi virus menular yang sangat dikenal karena ruam kemerahan yang khusus.

Rubella tidak sama dengan cacar (measles) rubeloa, meskipun kedua penyakit itu memiliki karakteristik yang sama, antara lain ruam kemerahan. Bagaimanapun, rubella disebabkan oleh virus yang berbeda.

Vaksin measles-mumps-rubella (MMR), biasanya diberikan pada anak-anak sebelum mereka menginjak usia sekolah dan sangat efektif mencegah rubella.

GEJALA


Tanda dan gejala rubella sering sangat halus sehingga sulit diketahui, khususnya pada anak-anak. Jika tanda dan gejala terjadi, umumnya adalah antara dua sampai tiga minggu setelah terkena virus. Tanda dan gejala antara lain:
•    Demam ringan 38,9 celcius atau kurang
•    Sakit kepala
•    Hidung basah atau tersumbat
•    Pembengkakan, mata merah
•    Pembesaran, rasa kebal lymph nodes pada dasar tengkorak, bagian belakang leher di belakang telinga
•    Ruam kemerahan yang dimulai dari wajah dan dengan cepat menyebar ke pinggul dan kemudian tangan dan kaki
•    Gatal pada sendi, khususnya pada wanita muda

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Penyebab rubella adalah virus yang menular dari manusia ke manusia. Virus ini dapat menyebar ketika mereka yang terinfeksi batuk atau bersin, atau dapat menyebar ketika seseorang terinfeksi lendir pernapasan mereka yang terinfeksi. Virus ini juga dapat menular dari ibu ke bayi mereka melalui aliran darah. Mereka yang rubella dapat menularkan  virus dalam waktu 10 hari sebelum timbul ruam sampai satu atau dua minggu setelah ruam muncul.

Pencegahan

Vaksin untuk rubella biasanya merupakan kombinasi dari suntikan measles (cacar)-mumps-rubella, yang merupakan vaksin yang efektif dan aman. Dokter merekomendasikan anak-anak menerima vaksin MMR antara usia 12 sampai 15 bulan, dan diberikan lagi antara 4 sampai 6 tahun –sebelum usia sekolah. Sangat penting bagi anak gadis menerima vaksin untuk mencegah rubella pada di masa depan terutama agar tidak menularkannya kepada janin ketika hamil.

Bayi biasanya terlindungi dari rubella untuk 6 sampai 8 bulan setelah lahir karena imunitas yang menurun dari ibu. Jika anak membutuhkan perlindungan dari rubella sebelum usia 12 bulan, vaksin dapat diberikan lebih awal dari usia 6 bulan. Tetapi anak yang tervaksinasi lebih awal tetap membutuhkan vaksinasi pada usia yang direkomendasikan kemudian.


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui