Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Dongkrak Stamina

Kompas.com - 02/10/2010, 13:03 WIB

Kompas.com - Jangan biarkan rasa letih dan kelelahan membuat produktivitas dan motivasi Anda merosot. Salah satu kunci agar kita tetap aktif berkarya adalah memiliki stamina yang fit. Stamina yang baik akan membuat seseorang lebih unggul dan tidak mudah jatuh sakit. Ayo, dongkrak stamina dengan cara berikut:

Ubah pola makan Rasa lelah yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda Anda tidak makan dengan benar. Dengan memasukkan makanan sehat dalam tubuh, performa fisik kita akan meningkat dan tubuh lebih berenergi. Hindari makanan siap saji dan junk food lainnya yang tinggi lemak jenuh, sodium dan gula. Sebagai gantinya konsumsi sayur dan buah-buahan segar, lemak baik dan protein.

Tingkatkan kelenturan Bagaimana kita bisa bersikap sigap dan lincah jika otot-otot kaku dan tegang. Otot yang kaku juga bisa membuat tubuh tak berenergi. Karena itu, latihan kelenturan atau fleksibilitas menjadi penting. Kelenturan akan memungkinkan Anda yang aktif menjadi lebih siap dalam melakukan berbagai gerakan dan tubuh pun terasa lebih ringan.

Cukupi cairan Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh sangat penting supaya seluruh fungsi dalam tubuh berjalan optimal. Nasihat klasik minum 8 gelas sehari masih relevan untuk diikuti. Cobalah untuk mengurangi asupan minuman berkafein seperti kopi dan teh yang bisa menyerap cairan, serta soda yang banyak mengandung gula.

Aktif bergerak Makin aktif dan makin bugar seseorang, makin banyak stamina dan energi yang dimilikinya untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Lakukan berbagai olahraga favorit Anda, seperti jogging, jalan cepat, berenang, senam, atau main tenis. Kurang olahraga akan menciptakan pola inaktivitas yang sulit didobrak.

Stabilkan gula darah Bila gula darah berfluktuasi terlalu banyak, hal itu akan mengacaukan sistem dalam tubuh dan berpengaruh pada stamina. Gula darah yang terlalu tinggi akan membuat tubuh menyimpannya sebagai lemak dan berpengaruh pada merosotnya stamina. Jeda yang terlalu lama antara waktu makan akan membuat gula darah turun sehingga otak kehabisan bahan bakar. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi lelah. Karena itu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering sehingga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com