Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus XVI: Kondom Dibolehkan, asal...

Kompas.com - 21/11/2010, 18:32 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI mengeluarkan pernyataan, Sabtu (20/11/2010), mengenai penggunaan kondom. Ini menunjukkan terlihatnya perubahan sikap Gereja Katolik Roma soal penggunaan kondom.

Benediktus menyatakan bahwa penggunaan kondom dibolehkan atas beberapa kasus untuk mencegah penyebaran AIDS. Pernyataan ini dikeluarkan sebagai bentuk pembolehan pihak gereja, terutama sikap mereka selama ini yang menentang penggunaan alat kontrasepsi artifisial, termasuk kondom.

"Ada banyak kasus khusus ketika penggunaan (kontrasepsi) dibolehkan. Sebagai contoh, seorang prostitusi. Ini juga akan menjadi langkah awal dari sikap moral, yaitu tanggung jawab untuk menghidupkan kepedulian bahwa tak semua hal dibolehkan dan tak seorang pun boleh melakukan sesuatu sesuka hati mereka," kata Benediktus.

Analis Senior Vatikan dari CNN, John Allen, menyatakan bahwa komentar Benediktus ini tak mengubah kebijakan pejabat Vatikan. Namun, komentar tersebut menunjukkan sikap kepausan yang fleksibel terhadap kontrasepsi.

"Saya kira apa yang ingin dia katakan adalah, ketika seseorang menggunakan kondom, hal itu tidak akan mencegah lahirnya kehidupan baru, hal yang selalu menjadi perhatian bagi Gereja Katolik Roma. Namun, mencegah penyebaran penyakit adalah sesuatu yang lebih baik," urai Allen. (Widyabuana/Tribunnews)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com