Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Penglihatan Seorang Tunarungu Tajam?

Kompas.com - 04/06/2011, 19:44 WIB

KOMPAS.com — Penelitian menunjukkan, mereka yang punya keterbatasan dalam pendengaran (tuna rungu) ternyata memiliki penglihatan lebih tajam dibandingkan mereka yang berpendengaran normal.

Ilmuwan di Inggris menemukan, retina mata pada orang yang terlahir sebagai tunarungu, atau kehilangan pendengaran pada usia dini, mengalami perkembangan organ penglihatan yang berbeda ketimbang mereka yang pendengarannya normal.

Perkembangan ini ternyata memberi mereka peripheral vision (penglihatan perifer) yang lebih baik, dan membuat mereka bisa melihat lebih jelas sekaligus meningkatkan kewaspadaan diri terhadap ancaman yang membahayakan.

Peneliti dari Universitas Sheffield menyatakan, sel-sel saraf pada retina mata penderita tunarungu tersebar dalam pola yang berbeda dibanding yang pendengarannya normal. 

Ini membuat mereka mampu memprioritaskan apa yang tampak pada penglihatan perifer terjauh menjadi dekat dengan telinga mereka. Penglihatan perifer adalah pandangan atau penglihatan yang mampu mengenali situasi di sekeliling. Kemampuan ini sering disebut juga penglihatan luas, yakni mampu melihat berbagai hal yang berada jauh dari titik fokus penglihatan.

Walaupun riset sebelumnya telah menunjukkan keterkaitan antara tuli dan meningkatnya penglihatan perifer, para ahli berpendapat bahwa fenomena ini melibatkan otak yang disebut visual cortex, bukan karena faktor retina. 

Dalam riset yang digagas atas nama Royal National Institute for Deaf People itu, para ilmuwan Sheffield menggunakan coherence tomography untuk memindai retina para relawan. Selain memeriksa retina, para ilmuwan juga mengukur bidang penglihatan pada kedua mata relawan untuk dibandingkan dengan hasil pemindaian retina.

Seperti yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE, peneliti mencatat adanya hubungan signifikan antara perubahan distribusi retina pada penyandang tunarungu dan pengaruhnya terhadap melebarnya penglihatan perifer mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com