Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Lokal Resisten Flu Burung

Kompas.com - 21/01/2008, 22:16 WIB

BOGOR, SENIN - Ayam lokal Indonesia tergolong memiliki tingkat resisten (daya tahan) cukup tinggi terhadap infeksi virus flu burung (avian influenza) dibanding ayam jenis lainnya di dunia seperti ayam lokal Cina, ayam lokal Afrika atau ayam broiler.

Kesimpulan ini merupakan hasil riset laboratorium DNA Puslit Biologi LIPI dari 331 sampel darah ayam asli lokal tanah air yang dikumpulkan pada 2007 melalui metode sequencing dan PCR-RFLP.

"Dari analisis DNA terhadap ayam lokal kita  menunjukkan bahwa frekuensi allele A yang resisten terhadap virus AI berkisar 0,35-0,89," kata Peneliti Lab DNA Divisi Zoologi Puslit Biologi LIPI M Syamsul Arifin Zein di Cibinong Bogor, Senin (21/1).

Dari 16 populasi breed ayam lokal yang diteliti, urainya, ayam Cemani adalah yang paling resisten terhadap virus AI yakni memiliki frekuensi allele A (genotip yang resisten) hingga 0,88.

Kemudian ayam kampung termasuk yang juga cukup resisten, seperti ayam kampung Lampung 0,72, ayam kampung Banten 0,63, ayam kate 0,65 dan yang paling rentan virus AI adalah ayam kapas 0,35.

Angka ini jauh jika dibandingkan dengan ayam lokal China (Asia Timur) yang frekuensi allele A-nya rata-rata hanya 0,22, atau ayam lokal Afrika 0,44, sementara ayam lokal India (Asia Selatan) sangat resisten mencapai rata-rata 0.64.

Sementara itu ayam ras jenis broiler (pedaging) sangat rentan terhadap virus AI dengan frekuensi allele A hanya 0,22, namun ayam ras jenis petelur sangat resisten yakni mencapai 0,92.

"Jadi kebijakan memusnahkan ayam secara massal untuk mencegah penyebaran virus AI selama ini tidak tepat, karena ini justru memusnahkan keanekaragaman genetika ayam, termasuk ayam yang sebenarnya resisten terhadap virus AI. Ayam yang resisten ini musnahnya karena dimusnahkan paksa oleh kebijakan," katanya.

Menurut Syamsul, kebijakan ini mematikan industri peternakan ayam dan pangan dalam negeri. Padahal dari semua breed ayam lokal yang sekitar 32-35 breed bisa diteliti dengan analisis PCR-RFCP dengan mudah apakah ayam tersebut dari jenis yang resisten atau rentan.

"Dengan mengetahui resisten atau rentannya ayam dari virus AI, maka untuk selanjutnya bisa dilakukan persilangan genetik ayam-ayam yang hanya memiliki frekuensi allele A agar keturunan ayam lokal berikutnya menjadi resisten," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com