Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tubuh Kebal Gara-gara Cangkok Hati

Kompas.com - 25/01/2008, 17:22 WIB

CANBERRA, JUMAT - Seorang gadis remaja Australia menjadi pasien pertama yang berubah golongan darahnya akibat tranplantasi organ hati dan menerima sistem kekebalan dari donor organnya. Para dokter yang menangani mengatakan bahwa si gadis remaja tersebut merupakan "satu diantara enam miliar keajaiban ", Jumat (25/1).

Demi-Lee Brennan kini berusia 15 tahun. Saat menjalani transplantasi organ hati usianya baru 9 tahun akibat tidak berfungsinya organ hati. "Ini adalah kesempatan kedua saya untuk dapat bertahan hidup," kata Brennan kepada media massa setempat, menceriterakan bagaimana tubuhnya berhasil menerima dan beradaptasi dengan organ asing yang dicangkokkan ke tubuhnya. Dia sendiri mengatakan peristiwa ini sebagai "mujizat" yang datang dari Tuhan. "Sungguh sulit dipercaya," katanya.

Golongan darah Brennan mengalami perubahan dari "O" negatif menjadi "O" positif pada saat ia sakit dan diberikan pengobatan untuk menghindari penolakan terhadap organ hati donor oleh sistem kekebalan tubuhnya.

Sel batang pembuluh darah hatinya yang baru memasuki sumsum tulang belakanglah yang mengubah seluruh sistem kekebalan tubuhnya. Dan itu artinya si remaja Brennan tak lagi memerlukan obat-obatan anti penolakan tubuh.

Para dokter dari Rumah Sakit Anak Westmead di Sydney mengatakan mereka belum dapat memberikan keterangan mengenai kasus Brennan yang mengalami kesembuhan, seperti yang mereka sampaikan dalam majalah kedokteran, The New England Journal of Medicine.

"Terus terang kami belum menemukan penjelasan untuk hal itu," kata Michel Stormon seorang ahli hepatologi pediatri, kepada pers. Sturat Dorrney, Mantan kepala bagian unit transplantasi di rumahsakit itu mengatakan, kasus Brennan dapat membuka jalan bagi terapi transplantasi organ, karena biasanya sistem kekebalan tubuh pasien penerima menyerang transplantasi jaringan di donor.

"Kini kami harus kembali mengkaji ulang semua tahapan yang terjadi pada Demi-Lee dan melihat mengapa hal itu dapat terjadi dan kalau-kalau dapat melakukan pengulangan kembali," kata Dorney.

"Kami berpikir hal itu mungkin karena kami menggunakan organ hati dari seseorang yang usianya masih muda dan Demi-Lee memiliki sel darah putih dalam jumlah rendah. Jadi mungkin karena dua faktor itulah kenapa hal ini terjadi," katanya kepada Harian Daily Telegraph .

Penolakan tubuh umumnya ditangani dengan kombinasi obat-obatan walaupun penolakan kronik tidak terjadi dua arah (bolak-balik). Hanya tujuh dalam 10 operasi transplantasi di Australia yang berhasil setelah lima tahun berselang. Ini terjadi karena kasus penolakan tubuh di pasien. (REU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com