Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Puri Indah, yang Pertama dengan Endo Alpha

Kompas.com - 12/05/2008, 16:20 WIB

JAKARTA, SENIN - Makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang prima khususnya di DKI Jakarta memang tak bisa dipungkiri. Tak heran bila kini banyak bermunculan rumah sakit modern milik swasta yang menawarkan pelayanan bertaraf internasional dengan peralatan mutahir di bidang kedokteran.

Salah satu RS modern yang baru beroperasi adalah Rumah Sakit Puri Indah di kawasan Kembangan Jakarta Barat. Rumah sakit ini dibangun oleh Pondok Indah Health Group dan yang kedua setelah RS Pondok Indah.

Peresmian beroperasinya RS Puri Indah dilakukan oleh Menko Kesra Aburizal Bakrie hari Senin (12/5) ini.  Hadir pula dalam peresmian itu Direktur Pelayanan Medik Depkes, Farid W Husain, Gubernur DKI Fauzi Bowo beserta Wagub Priyanto.

Menko Aburizal  meminta rumah sakit yang dibangun di atas lahan seluas 7.000 m2 itu untuk ikut melayani masyarakat sekitar yang berobat menggunakan kartu keluarga miskin (gakin).

"Pihak Swasta memang harus membantu menyediakan layanan kesehatan karena dana APBN dan APBD terbatas untuk membangun rumah sakit.  RS ini juga harus menyediakan layanan bagi masyarakat miskin dengan menyediakan 15 persen jatah tempat tidur untuk kelas III dan 30 persen di antaranya bagi kaum miskin  ," ungkap Aburizal.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pondok Indah Healthcare Group Dr. Hermansyur Kartowisastro mengatakan RS ini adalah yang pertama di Indonesia yang diperlengkapi teknologi  Endo Alpha .

Ini merupakan sistem peralatan canggih untuk bedah minimal invasif  yang terkonsolidasi dalam konsep Integrasi (centralized monitor, mximized surgeon control dan costumiziation center) serta dilengkapi Rectal Ultrasound dan Narrow Band Image yang digunakan untuk mendeteksi dini keganasan penyakit melalui bedah laparoskopi .

"Dengan diramalkan bahwa kelak 70 persen dari seluruh pembedahan akn dilakukan dengan cara bedah minimal invasive, RS Puri indah melakukan investasi dalam bentuk pembangunan lima kamar operasi . Dua di antaranya memenuhi persyaratan sebagai kamar operasi ultra clean ," ungkap Hermansyur

Peletakan batu RS Puri Indah telah dilakukan pada 26 April 2006 dan pada 11 Februari 2008 sudah menerima pasien rawat jalan dan hari ini resmi beroperasi secara penuh. Dengan total luas bangunan 29 ribu meter persegi,  RS ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya 100 ruang rawat inap, 12 ruang emergency unit, 33 ruang poliklinik modern, lima ruang operasi dan sarana lainnya dengan perlengkapan teknologi kesehatan canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com