Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disleksia Bukan Masalah

Kompas.com - 04/08/2008, 03:00 WIB

Aktris asal Inggris, Keira Knightley, ternyata menyimpan cerita mengharukan atas perjuangannya meraih posisi terhormat sebagai aktris ternama. Ia membuktikan tak sekadar pekerja keras, tapi juga pintar walau berhenti sekolah setelah usia 17 tahun.

Keira yang dikenal lewat peran di film papan atas seperti Pride and Prejudice dan Atonement ternyata menderita disleksia. Kondisi itu membuat kemampuannya belajar menurun.

Gejala disleksia ditemukan pada masa kanak-kanak Keira. Keira kecil mengalami kesulitan untuk membaca dan menulis. Ia harus dibantu kacamata khusus untuk membaca.

Keira kecil dikenal sebagai pelajar yang tekun belajar. Kelemahan yang dimilikinya justru menjadi pemicu untuk membuktikan bahwa ia memiliki kecerdasan juga. Problem disleksia lambat laun mulai teratasi saat usia belasan tahun.

”Disleksia membuat saya harus mematok tekun membaca semuanya secara serius sehingga saya bisa membuktikan bahwa saya tidak bodoh,” kata perempuan kelahiran 26 Maret 1985 di Teddington, Middlesex, Inggris, ini.

Keira memilih karier sebagai artis dan tak menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. ”Saya bukan orang yang terdidik, tidak menyelesaikan kuliah karena beban ini,” kata bintang Pirates of the Caribbean: At World’s End ini. (WENN/AMR)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com