Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Aman, Bakar dengan Microwave

Kompas.com - 19/11/2008, 11:32 WIB

BAKARAN sate kambing dengan aroma tajam pasti mengundang selera makan. Hanya saja, cara pembakaran langsung di atas bara api ini nyatanya bisa mendatangkan karsinogenik dan penurunan gizi makanan. 

Menurut Ali Khomsan, Ahli Gizi dari Departemen Gizi Masyarakat IPB, cara pembakaran terbaik adalah menggunakan microwave. Energi gelombang  elektromagnetik pada proses pemakaian microwave menyerap molekul air, lemak dan gula.

Alhasil, pengolahan cara ini bisa memperkecil kemungkinan hilangnya kandungan gizi dari bahan yang diolah. Sayangnya, masyarakat belum terbiasa dengan cara ini. Selain rasanya yang tak senikmat bila dibakar langsung, pemakaian microwave juga butuh biaya yang lebih besar. 

Jangan lupa sayur, buah, dan teh
Jangan terlalu takut menyantap makanan bakar. Asal tak berlebahan dan tidak terlalu gosong, makanan yang dibakar tetap bisa Anda nikmati. Lebih pas lagi jika Anda menyantap bakar-bakaran itu dengan sayuran dan minuman yang bisa menetralisir dampak buruknya.

Saptawati Bardosono, Dokter Gizi dari FKUI bilang, sayuran memiliki antioksidan tinggi. "Antioksidan dapat berfungsi sebagai antikarsinogenik yang bisa jadi penetralisir," ujar dia.

Karena itu, jangan lupa menyantap lalapan sayuran yang menyertai makanan bakar itu, seperti selada, kol, timun atau tomat. Jangan lupa untuk membasahi kerongkongan dengan teh atau jeruk. Mereka bisa jadi antikarsinogenik yang cukup mumpuni. (Tunggul Joko Pamungkas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com