Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Magelang

Kompas.com - 02/12/2008, 18:14 WIB

MAGELANG, SELASA - Keong mas menyerang tanaman padi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Magelang. Hama ini menyerang mulai tanaman padi berusia lima hari hingga dua bulan.

Mohammad, salah seorang petani di Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, mengat akan, karena obat penangkal atau pembasminya belum tersedia, maka satu-satunya cara untuk memberantas keong mas tersebut adalah dengan mengambil binatang tersebut, satu demi satu, secara rutin tiap hari. "Setiap harinya, jumlah keong mas yang saya ambil dari sawah bisa mencapai satu ember atau berkisar sedikitnya 200 ekor, terangnya pemilik satu hektar sawah ini," Selasa (2/12).

Pada tanaman muda yang masih berusia kurang dari 20 hari, keong mas memakan habis seluruh rumpun tanaman. Dengan kondisi tersebut, Mohammad mengatakan, dirinya terpaksa harus berulangkali mengganti tanaman yang rusak dan habis dimakan keong dengan bibit baru.

"Setiap 1.000 meter persegi, jumlah tanaman yang rusak dan terpaksa diganti bisa mencapai 100 bibit tanaman," ujarnya.

Komariyah, petani asal Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid mengatakan, pada tanaman padi miliknya yang sudah berusia dua bulan, keong mas memakan anak-anak batang padi. "Karena jumlah batang berkurang, maka jumlah bulir dan hasil panen nantinya dipastikan juga akan merosot," ujarnya.

Komariyah mengatakan, serbuan hama keong mas kali ini terjadi di luar perkiraan. Sebab, pada tahun-tahun sebelumnya, serangan hama ini biasanya terjadi saat awal musim tanam kedua di musim penghujan, sekitar bulan Januari atau Februari.

Darto, seorang petani asal Desa Gondowangi, Kecamatan Sawangan, mengatakan, selain keong mas, petani saat ini juga sibuk mengatasi serbuan hama lainnya seperti belalang tikus, serta tungro. "Pada masa awal peralihan musim kemarau ke musim penghujan seperti sekarang, tanaman padi memang sangat rawan diserang berbagai hama penyakit," ujarnya.

Jika hama penyakit lainnya dapat diatasi dengan obat-obatan kimia, maka keong mas hanya dapat dibasmi dengan cara diambil satu persatu dari sawah. Binatang tersebut, biasanya kemudian diberikan kepada peternak bebek untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com