Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Salmonella 388 Warga AS Sakit

Kompas.com - 09/01/2009, 04:33 WIB

ATLANTA, KAMIS — Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (The Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat bekerja sama dengan para petugas layanan kesehatan masyarakat sedang berupaya keras di 42 negara bagian menangani merebaknya kasus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella yang disebut Typhimurium.

Menurut CDC, sekurangnya 388 warga telah terinfeksi strain bakteri ini sejak 3 September dan hampir 69 orang dirawat di rumah sakit. CDC belum tahu makanan apa yang menyebabkan wabah ini muncul.

Dengan petugas layanan kesehatan lapangan, CDC mencoba melacak mereka yang terinfeksi, apa saja yang dimakan untuk menemukan penyebab wabah. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS serta Departemen Pertanian bekerja sama dengan CDC sedang berupaya mengadakan investigasi untuk mengetahui penyebab wabah meski masih terbatas.

Beragam strain salmonella terkait dengan wabah sebelumnya yang disebabkan oleh kontaminasi telur, daging, produk ternak, sayur, makanan hewan piaraan, dan bahkan mentega kacang.

Tomat yang terkontaminasi juga terkait dengan wabah Salmonella Typhimurium yang sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2006 yang menyebabkan 183 sakit di 21 negara bagian. Kebanyakan korban mengalami diare dan demam selama seminggu meski tidak meninggal.

Infeksi Salmonella disebabkan oleh bakteri dan jika perlu dapat diatasi dengan antibiotik meski beberapa strain sudah resisten terhadap obat ini. Kebanyakan mereka yang terinfeksi bakal mengalami diare, demam, serta keram perut dalam beberapa hari dan sakit akan berlangsung selama kurang lebih seminggu.

Kebanyakan penderita juga sembuh dengan sendirinya meski beberapa yang lain butuh rawat inap di rumah sakit karena mengalami dehidrasi dan perawatan intensif khusus.

Mereka yang masih bayi, orang lanjut usia, sedang sakit kronis, hingga menurunkan sistem kekebalan tubuh merupakan individu yang sangat berisiko tinggi menderita penyakit ini. Sampai penyebab diketahui, CDC memberikan rekomendasi untuk beberapa hal berikut:

- Konsumsilah daging, telur, dan produk unggas yang sudah dimasak dengan matang. Hindarilah mengonsumsi susu atau makanan-makanan mentah. Cucilah dengan bersih barang-barang yang digunakan untuk makan.
- Hindari kontaminasi dengan daging untuk mencegah tersebarnya Salmonella.
- Seringlah mencuci tangan dengan bersih sebelum makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com