Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Butuh Banyak Tenaga Dokter

Kompas.com - 23/01/2009, 19:18 WIB

BANDUNG, JUMAT — Jumlah tenaga dokter di Indonesia jauh dari ideal. Hal ini menyebabkan meningkatnya kualitas kesehatan yang buruk. Demikian dikatakan pengamat ekonomi Faisal Basri, dalam diskusi kondisi kesehatan di Indonesia, Jumat (23/1) di Bandung.

Mengutip laporan Human Development Report United Nation Development Program 2007/2008, Faisal mengatakan, di Indonesia dalam satu hari 13 dokter harus menangani 100.000 orang sakit.

Hal ini, menurut Faisal, tanda tidak baik bagi dunia kesehatan Indonesia. Faktanya, tahun 2008, masih terjadi 32 kematian bayi dari 1000 kasus kelahiran. Kematian ibu juga mencapai 307 kasus dari 10.000 proses kelahiran.

Salah satu jalan yang sebenarnya bisa diambil pemerintah adalah menambah jumlah dokter berkualitas. Diharapkan ketersediaan jumlah dokter bisa meringankan beban orang sakit.  

"Akan tetapi, hingga kini hal itu belum terjadi. Sekarang, banyak orang tidak mempunyai kesempatan menjadi dokter karena biaya sekolah yang sangat tinggi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com