Sabtu, 25 April 2015

Health

Pemprov Babel Akan Tambah Insentif Dokter Spesialis

Jumat, 27 Februari 2009 | 16:55 WIB

PANGKALPINANG, JUMAT — Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada 2009 akan menambah insentif dokter spesialis, dalam upaya merangsang minat para dokter spesialis dari provinsi lain mengabdi di daerah itu.

"Babel hanya memiliki 27 orang dokter spesialis, jumlah sebanyak itu masih kurang maka kami rangsang dengan penambahan insentif guna menarik minat dokter daerah lain mengabdi di Babel," kata Kepala Dinas Kesehatan Babel, Hendra Kusuma Jaya, di Pangkalpinang.

Ia menjelaskan, insentif yang ada sekarang hanya Rp 15 juta per bulan untuk 27 dokter spesialis. "Jumlah sebesar itu masih minim dan perlu ditambah, namun kami belum menetapkan karena sedang dibahas berapa penambahannya," katanya.

Menurut dia, berdasarkan rasio jumlah penduduk Babel sekitar 1,6 juta jiwa maka dibutuhkan dokter spesialis minimal sebanyak 67 orang.

"Dengan demikian, maka Babel masih kekurangan dokter spesialis sebanyak 40 orang dari 27 dokter spesialis yang ada sekarang," ujarnya.

Menurut dia, selain menambah insentif dokter spesialis, pihak Dinkes juga berupaya menutupi kekurangan dokter spesialis itu melalui program pemberian beasiswa dokter umum yang ada di Babel untuk disekolahkan menjadi dokter spesialis.

"Dokter spesialis yang dibutuhkan Babel adalah dokter spesialis bedah, penyakit dalam, spesialis anak dan dokter spesialis kebidanan," katanya.

Editor :