Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi untuk Atasi Alergi Kacang Tanah

Kompas.com - 18/03/2009, 07:51 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejumlah anak penderita alergi kacang tanah terbebas dari penyakit itu setelah mengonsumsi tepung kacang tanah berdosis sangat rendah tiap hari selama beberapa pekan. Namun, hal ini terlalu berbahaya untuk diujicobakan kepada penderita alergi kacang tanah derajat berat.

Syaratnya terapi ini tidak boleh dilakukan di rumah, tetapi harus di bawah pengawasan ketat tim dokter agar bila terjadi situasi kegawatdaruratan terapi ini bisa segera diatasi.

Tim peneliti dari Duke University Medical Center di Carolina Utara dan Rumah Sakit Anak Arkansas memberi sekelompok anak penderita alergi kacang dengan dosis mikroskopik kacang setiap hari.

Dalam pertemuan Akademi Asma dan Imunologi Amerika di Washington, Minggu (15/3), para peneliti menyatakan metode itu pertama kali dipakai. ”Ini memberi harapan bagi orang tua dan anak-anak lain bahwa akan ada terapi alergi makanan yang aman dan efektif,” ujar Dr Wesley Burks, koordinator tim peneliti itu. (Reuters/AP/EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com