Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Beri Lever dan Ginjal untuk Anaknya

Kompas.com - 20/03/2009, 22:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Seorang gadis kecil usia lima tahun bisa jadi yang pertama kalinya menerima organ transplan dari kedua orangtuanya di Inggris.

Jasmine Mirza, nama gadis itu, sedang dalam proses pemulihan setelah menerima 30 persen lever ayahnya, Sohrab, dan ginjal dari ibunya, Cahtie Locke.

Jasmine terdiagnosis menderita gagal lever di usia tujuh bulan sebelum ginjalnya mulai memburuk di tahun 2007.

Locke, dari Farnborough, Hampshire, mengatakan, transplantasi ini dijalani agar Jasmine 'hidup lagi'. "Bagi saya, tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan efek operasi yang saya jalani," tambahnya karena, yang utama, buah hatinya selamat.

Jasmine menyatakan 'sangat istimewa dan luar biasa' menerima donor dari ayah dan ibunya. Organ hati atau lever yang ditanam di tubuhnya tahun 2005 di Rumah Sakit King's College akan tumbuh bersama si kecil. Demikian juga dengan ginjal yang diberikan oleh sang ibu di Rumah Sakit St Thomas akhir Oktober tahun lalu.

Jasmine pulih kembali dan bisa kembali ke sekolah di Farnborough utara, London. Kejadian ini, kata dokter, sangat jarang ada di London. Tidak diketahui apakah masih akan ada lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com