Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Situ Gintung Kesal Hanya Jadi Tontonan

Kompas.com - 28/03/2009, 11:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan warga masih terus berdatangan ke lokasi jebolnya tanggul Situ Gintung.

Tanah yang lengket akibat hujan tidak menghalangi mereka untuk berkeliling di daerah Situ Gintung. Tak jarang komentar rasa tidak percaya keluar dari bibir mereka. Namun sayang, warga yang datang kebanyakan hanya melihat-lihat reruntuhan yang tersisa, tanpa membantu tim SAR yang sedang berkerja.

Dua hari berturut-turut ini, Neni (43) bersama suaminya datang ke lokasi bencana. "Enggak ada keluarga yang jadi korban, ke sini cuma lihat-lihat aja, dulu rumah saya di daerah sini," terang Neni di kompleks Pratama Hills, Cirendeu, Sabtu (28/3).

Sebenarnya, rumah Neni berada di dekat pasar Ciputat, yang jaraknya cukup jauh dari lokasi bencana. Neni kaget menyaksikan kondisi di Pratama Hills saat ini. "Bisa jadi kayak gini ya, " ujarnya prihatin sambil melanjutkan melihat-lihat keadaan sekitar.

Banyaknya warga yang hanya menonton tragedi tersebut membuat jengkel seorang keluarga korban. Suyah (55), yang kehilangan tiga sanak saudaranya, merasa kesal karena warga hanya menonton dan tidak memberikan pertolongan. "Mending pada bantuin daripada cuma ngeliatin doang," gerutu Suyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com