Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Waspadai Virus Flu Singapura

Kompas.com - 22/04/2009, 19:11 WIB

 

BANDUNG, KOMPAS.com- Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung mulai mewaspadai kemungkinan penyebaran virus Flu Singapura yang dibawa oleh wisatawan. Saat ini, pihak bandara telah menyiagakan tim medis untuk memberikan penanganan kepada para wisatawan asal Singapura terutama anak-anak yang menunjukkan gejala demam.

"Kami memberikan perhatian khusus kepada penumpang yang datang dari Singapura, terutama anak-anak. Jadi ketika penumpang khususnya anak-anak terlihat mengalami gejala flu dan demam, langsung kami berikan penanganan medis," kata General Manager PT Angkasapura II Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung Mulya Abdi, Rabu (22/4) di Bandung.

Meski demikian, tidak berarti penumpang dewasa tidak diperhatikan. Hanya saja, karena sebagian besar penularan Flu Singapura melalui anak-anak, maka pihak petugas medis Bandara lebih memrioritaskan kepada penumpang anak-anak.

Mulya mengatakan, saat ini seluruh petugas medis di sekitar bandara memberikan perhatian khusus kepada penumpang yang berangkat dari Singapura. Namun, Mulya membantah pihaknya menerapkan status Siaga I seperti yang dilakukan sebagian besar bandara di Indonesia. Dia menilai, pandemik Flu Singapura masih belum terlalu mengkhawatirkan.

"Yang pasti kami akan melakukan langkah preventif terkait mulai maraknya penyakit ini. Petugas medis kami fokuskan untuk mencegah penularan begitu penumpang turun dari pesawat," jelas Mulya.

Dia menjelaskan, hingga saat ini belum ada satu penumpang yang terbang dari Siangpura diindikasikan mengidap penyakit Flu Singapura. Namun, dia meminta seluruh masyarakat tetap waspada ketika bepergian ke Singapura.

Bangkit Adiwinanto, Stasion Head Bandung Air Asia mengungkapkan, meski Flu Singapura mulai menghantui dunia pariwisata pihaknya belum mengalami penurunan tingkat okupansi.

Sejauh ini semua penerbangan yang mengarah dan dari Singapura masih berjalan lancer. Tidak ada indikasi penurunan akibat Flu Singapura itu. Kami berharap kondisi ini tetap terjaga meskipun di Singapura tengah santer terdengar tentang isu Flu Singapura, tutur Bangkit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com