Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengin Vasektomi dan Tubektomi Gratis, Silakan ke Solo

Kompas.com - 25/06/2009, 14:35 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jawa Tengah membuka layanan program keluarga berencana (KB) vasektomi dan tubektomi secara gratis mulai tahun ini sebagai upaya menekan laju pertumbuhan penduduk.

"Layanan KB gratis ini dilakukan bekerja sama dengan RSU Dr Moewardi dan RSU DKT Slamet Riyadi Solo," kata Kabid Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Perlindungan Anak dan KB Siti Anggraini di Solo, Kamis (25/6).

Peserta program KB vasektomi ditargetkan sebanyak 468 orang dan tubektomi 398 orang, yang biayanya akan ditanggung bersama dari APBD Kota Surakarta dan APBD Provinsi Jawa Tengah. Biaya KB vasektomi sebesar Rp 300.000/orang dan tubektomi Rp 1,1 juta/orang.

Pelaksanaan program KB dengan sasaran pasangan usia subur (PUS) tahun ini ditargetkan 11.119 orang dan sampai Mei 2009 telah tercapai 5.449 peserta baru program KB.

PUS di Kota Surakarta seluruhnya tercatat 71.648 dan yang aktif dalam program KB sebanyak 55.659. "Memang masih banyak PUS yang belum ikut program KB, tetapi kini juga terus dilakukan penyuluhan lewat petugas lapangan," katanya.

Menyinggung petugas lapangan KB, ia mengatakan untuk sementara baru ada 38 orang padahal idealnya 51 orang, karena setiap kelurahan seharusnya ada satu orang petugas lapangan dan untuk menunjang tugas penyuluhan, mereka perlu mendapat pembekalan pengetahuan mengenai KB dan sebuah sepeda motor untuk operasional.

"Besuk Senin sebanyak 32 sepeda motor akan diserahkan Wali Kota Solo Joko Widodo kepada para petugas penyuluh lapangan KB, mudah-mudahan cara ini bisa mengerem laju pertumbuhan penduduk," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com