Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Tak Berani Jamin Semua Pemilih Masuk DPT

Kompas.com - 03/07/2009, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak bisa menjamin semua pemilih telah tertampung dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres 2009. Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengakui memang ada kemungkinan pemilih yang masih tercecer.

"Saya tidak berani katakan menjamin atau tidak menjamin. Kalau ada yang tercecer itu diakui, bisa jadi," kata Hafiz, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (3/7).

Kendati demikian, kata Hafiz, pihaknya telah berusaha maksimal untuk pembenahan DPT. Sejak mencuatnya permasalahan DPT dalam pemiu legislatif (pileg) lalu, KPU telah melakukan langkah-langkah untuk pembenahan. Seperti melakukan pemutakhiran DPT pileg sesuai UU, melakukan sosialisasi DPT melalui iklan di berbagai media, serta melakukan pembersihan.

"Kami usahakan maksimal. Dulu sejak terjadi masalah di DPT, maka 90 persen perhatian kita ke DPT siang malam. Yang kita perhatikan adalah DPT ini," ujarnya.

Terkait adanya pemilih ganda, Hafiz mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pembersihan. KPU Pusat telah memerintahkan ke KPU kabupaten/kota untuk memangkas kalau masih ditemukan pemilih ganda. "Indikatornya nama dan tanggal lahir," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com