Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perokok Tangan Ketiga, Siapa Dia?

Kompas.com - 04/07/2009, 08:45 WIB

KOMPAS.com — Anda pasti sadar bahwa rokok tak hanya menyisakan asap, tetapi juga bau khas yang bagi mereka yang tidak merokok sangat tidak menyenangkan. Bau ini muncul karena bahan-bahan di sekitar kita, seperti baju, rambut, sprei, dan lain-lain menyerap asap atau tertempel asap rokok yang mengepul.

Para ahli mengingatkan terhadap bahaya yang tak terlihat dari perokok "tangan ketiga" ini. Pasalnya, zat-zat kimia dari asap rokok di benda-benda tersebut juga bersifat toksik (beracun). Terutama pada anak-anak bila mereka menyentuh atau memasukkan benda-benda tadi ke dalam mulutnya.

Untuk meminimalkan paparan zat kimia akibat rokok, bukalah jendela lebar-lebar, gunakan penyejuk udara atau kipas angin. Tentu saja yang terpenting adalah merokok di ruangan lain. Sebelum mendekati anak-anak, cuci tangan atau ganti pakaian yang dipakai saat merokok.

Selama Anda masih bisa mencium aroma tembakau, meski Anda tidak melihat rokoknya, ini berarti Anda masih menghirup racun, yang mengandung 60 jenis karsinogen (pemicu kanker).

Jadikan rumah bebas asap rokok untuk melindungi anak-anak atau orang yang tidak merokok di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com