Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Lingkar Jakarta Dioperasikan 2010

Kompas.com - 09/07/2009, 18:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api (KA) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan kereta api lingkar kota Jakarta atau loopline sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan.

Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jakarta Sugeng Priyono, di Jakarta, Kamis (9/7), mengatakan, kereta loopline akan melintasi sejumlah stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Angke, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Senen, Stasiun Jatinegara, dan kembali lagi ke Stasiun Manggarai. "Kereta loopline direncanakan mulai beroperasi penuh tahun 2010, tapi saat ini sudah mulai diuji coba, yakni menggunakan KRL Ciliwung," kata Sugeng.

Salah satu bentuk kerja samanya antara lain menata kawasan stasiun yang akan dilintasi kereta lingkar kota Jakarta tersebut. Saat ini, kawasan di sekitar stasiun banyak berdiri rumah kumuh liar. Penataan kawasan merupakan wilayah tugas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kerja sama lain berupa pembangunan halte atau tempat pemberhentian bus di dekat stasiun yang menjadi pelintasan kereta loopline.

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya memperbaiki layanan transportasi, di antaranya dengan mengoperasikan layanan kereta lingkar kota Jakarta yang melintasi sejumlah stasiun di pinggiran Jakarta sampai ke Bandara Soekarno-Hatta. Salah satu stasiun yang akan dioperasikan menjadi stasiun utama, kata Fauzi, adalah Stasiun Duri di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, yang akan direvitalisasi tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com