Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rokok Bikin Kulit Makin Keriput

Kompas.com - 13/07/2009, 13:07 WIB

KOMPAS.com — Ternyata bukan hanya berjemur yang mempercepat terjadinya penuaan pada kulit. Rokok adalah saingan sinar ultraviolet dalam merusak sel-sel di bawah kulit. Bukan hanya kulit di wajah, tetapi semua bagian tubuh yang tertutup kulit memiliki risiko yang sama karena asap rokok menempel lebih lama di seluruh permukaan kulit.

“Asap rokok membuat usia biologis kita berjalan lebih cepat,” ucap Dr Stuttaford yang merupakan editor medis di The Times, London. Salah satu bagian tubuh yang tertutup kulit dan berisiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan jaringan kulit adalah payudara.

Kulit di sekitar payudara menurut Stuttaford akan mengendur dan berkeriput karena kolagen yang ada di bawah kulit telah “dikacaukan” oleh asap rokok. Tidak hanya itu, kurangnya pasokan oksigen akibat racun yang ada di dalam rokok membuat kulit berubah menjadi kusam. “Jadi tidak ada pilihan lain untuk membuat kulit tetap kencang hingga usia mapan, kecuali dengan berhenti merokok!” (Prevention/Siagian Priska)
          

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com