Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Sakit Saat Berhubungan

Kompas.com - 21/07/2009, 14:16 WIB

"Saya seorang suami berumur 41 tahun, istri usia 46 tahun. Kami sudah menikah selama 11 tahun dan punya dua anak. Masalah kami mulai terasa sejak dua tahun lalu.

Istri sering malas melakukan hubungan intim. Katanya, kadang-kadang ia merasakan sakit di kelaminnya. Sekarang ini sudah tiga bulan kami tidak melakukan hubungan intim. Saya pernah memintanya untuk melakukan hubungan, tetapi dia bilang tidak ingin dan takut sakit.

Memang sewaktu kami melakukan hubungan intim, istri sering bilang sakit sehingga kami menghentikannya. Selanjutnya saya juga merasa tidak nyaman kalau memintanya berhubungan intim.

Padahal, kami tidak sering berhubungan. Dulu pun biasanya seminggu sekali. Saya pernah menyarankan untuk periksa ke dokter, tetapi dia tidak mau. Katanya malu.

Saya tidak tahu harus bagaimana lagi. Saya hanya merasakan ada yang hilang dalam hubungan kami sebagai suami istri. Bagaimana menghadapi istri saya? Apa yang membuatnya merasa sakit waktu berhubungan intim? Apakah usianya tergolong sudah tua sehingga malas berhubungan intim?

Apakah dia bisa disembuhkan agar hubungan kami berlangsung normal kembali?

SN, Jakarta

Akibat penurunan hormon
Berdasarkan surat Anda, saya hanya dapat menduga kemungkinan sebagai berikut. Pertama, istri Anda memang mengalami penurunan dorongan (gairah) seksual sehingga reaksi perlendiran vaginanya menurun. Akibatnya, timbul rasa sakit bila berhubungan.

Kedua, istri Anda merasa sakit karena sebab tertentu. Akibatnya, dorongan seksualnya menurun. Namun, apa pun yang terjadi lebih dulu, akhirnya menyebabkan dia malas atau tidak senang melakukan hubungan seksual.

Masalahnya, apa yang menyebabkan kemungkinan di atas? Untuk ini diperlukan evaluasi lebih lanjut. Bagaimana dengan siklus menstruasinya mengingat usianya yang mendekati usia menopause.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com