Kamis, 24 April 2014 15:09

Melahirkan Tanpa Sakit, Mungkinkah?

Penulis : Steffi Indrajana | Rabu, 29 Juli 2009 | 09:58 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutter Stock
Sejak awal perlu ditanamkan bahwa kehamilan dan persalinan akan berjalan lancar.

KOMPAS.com - Banyak wanita yang ingin sekali punya anak, tetapi takut menghadapi proses melahirkan. Proses yang menyakitkan, dan rasa takut bahwa dirinya tidak akan mampu menjalani proses tersebut dengan lancar, membuat wanita menjadi ciut. Tak cuma sekali kan kita mendengar ada wanita yang memilih melahirkan melalui operasi Caesar karena takut sakit?

Pemahaman seperti ini sebenarnya menyebabkan proses persalinan menjadi sakit betulan karena sudah tertanam anggapan bahwa melahirkan itu memang menyakitkan. Padahal, seiring dengan perkembangan waktu, para ahli kebidanan dan kandungan terus mengembangkan metode untuk melahirkan yang dapat mengurangi rasa sakit. Adalah Lanny Kuswandi, seorang bidan yang mendalami clinical hypnotherapy dan lalu mengembangkan HypnoBirthing di Indonesia. Dari kata "hypno" dapat diketahui bahwa HypnoBirthing merupakan pengembangan dari hipnotis. Teknik yang sebelumnya sudah populer di negara-negara Barat ini merupakan salah satu cara untuk melahirkan tanpa rasa sakit, yaitu dengan menanamkan niat positif ke pikiran bawah sadar.

Niat positif ini ditanamkan agar ibu dapat menjalani kehamilan dengan sehat, dan menghadapi persalinan dengan tenang, alami, nyaman, dan lancar. Mengapa harus berpikiran positif? Alasannya adalah karena janin yang berada dalam kandungan sudah mempunyai unsur jiwa perasaan sehingga kata-kata positif dapat memberikan rasa ketenangan dan kedamaian.

Selain itu, pikiran bawah sadar menguasai 82 persen dari fungsi diri. Jika kita mengatakan hal-hal positif untuk diri kita sendiri, maka itulah yang akan terjadi. Dalam seminar HypnoBirthing, Melahirkan Tanpa Sakit yang disampaikannya dalam Smart Parents Conference di JCC, Jakarta, Minggu (26/7), pemegang sertifikat HypnoBirthing Course, Marie F Mongan Method by Peter Jackson in Perth, Australia (2002) ini memberikan bandul kepada seluruh peserta. Setiap peserta diminta fokus pada bandul yang dipegangnya, sambil berusaha berkonsentrasi untuk menggerakkan bandul dengan kekuatan alam bawah sadar. Peserta diminta berkata dalam hati, "Bandul, bergerak melingkar." Perkataan ini diulang berkali-kali, sampai akhirnya bandul pun bergerak melingkar.

Dasar dari HypnoBirthing sendiri adalah relaksasi, untuk mengistirahatkan jiwa-raga. Tubuh manusia sebenarnya sudah memiliki endorphin atau morphin alami yang manfaatnya adalah mengurangi, bahkan menghilangkan rasa sakit. Nah, relaksasi perlu dilakukan agar kadar endorphin tersebut meningkat. Lanny kemudian membeberkan langkah-langkah untuk melakukan relaksasi tersebut:
1. Siapkan ruangan yang tenang dan penerangan yang remang-remang.
2. Gunakan musik untuk relaksasi.
3. Apabila suka boleh menggunakan aromaterapi yang aman untuk ibu hamil.
4. Relaksasikan otot, nafas, dan pikiran.
5. Apabila sudah rileks masukkan niat atau sugesti positif.
6. Lakukan afirmasi, atau berkomunikasi dengan janin, agar janin tumbuh dengan sehat jasmani dan rohani sampai kehamilan 9 bulan, dan menghadapi proses persalinan yang alami, nyaman, dan lancar.

HypnoBirthing memberikan manfaat untuk calon ibu maupun janinnya, yaitu:
Untuk ibu:
1. Mengatasi reaksi-reaksi perubahan dari dalam pada trimester pertama saat kehamilan seperti mual, muntah, dan pusing.
2. Meningkatkan hubungan batin antara suami, ibu hamil, dan janinnya.
3. Mengatasi prenatal anxiety (kecemasan selama kehamilan) dan meningkatkan ketenangan jiwa.
4. Menghadapi persalinan dengan tenang sehingga proses lebih lancar.
5. Mempercepat masa prenatal recovery (pengendalian selama kehamilan), dan mencegah prenatal depression (depresi pra kelahiran).
6. Meningkatkan produksi ASI. 

Untuk janin:
1. Getaran tenang dan damai akan dirasakan oleh janin yang merupakan dasar dari perkembangan jiwa.
2. Pertumbuhan janin lebih sehat karena tenang akan memberikan hormom-hormon yang seimbang ke janin lewat plasenta.    

Dengan membagi pengetahuan ini kepada setiap wanita, Lanny berharap para wanita menyadari bahwa kehamilan dan melahirkan adalah proses kemenangan, kebahagiaan, dan kesejahteraan secara alami yang bisa dilewati bersama bayi.

Ingin berkonsultasi dengan Lanny Kuswandi?
* ProV Clinic
Holistic Health Care
Jl. Let. Jend. Soeprapto No.60
Komplek Indra Sentral Blok AH/AI
Cempaka Putih - Jakarta Pusat
Telp. 021 - 426 5321, 0812 - 932 9943
provital@cbn.net.id

* Kelas terbuka di RS Bunda, Jakarta. Biaya Rp 600 ribu untuk tiga kali pertemuan.



IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui