Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Cari Donor Organ Sukarela

Kompas.com - 27/08/2009, 09:09 WIB

BEIJING, KOMPAS.com-Pemerintah China mencanangkan program untuk mendorong masyarakat agar secara sukarela menjadi donor organ tubuh.

Selama ini pemerintah China menggantungkan diri pada narapidana yang dieksekusi sebagai sumber transplantasi organ tubuh.

Koran resmi China Daily mengakui bahwa dua pertiga dari total transplantasi organ yang terjadi di China, menggunakan organ tubuh dari para napi yang dieksekusi.

Untuk mengurangi ketergantungan pada organ dari narapidana, pemerintah mencanangkan sebuah program nasional agar masyarakat mau secara sukarela menyumbang organ tubuh mereka. Pemerintah berharap program ini juga bisa mengurangi perdagangan organ tubuh secara ilegal.

Tetapi di masyarakat China pada umumnya menganggap pengambilan organ dari orang mati, sebagai tindakan yang melanggar adat istiadat.

Beberapa hari lalu kantor berita resmi China, Xinhua mengutip seorang pakar transplantasi organ terkemuka yang mengatakan bahwa di China sejak tahun 2003, hanya terdapat 130 kasus transplantasi organ yang diperoleh secara sukarela.
 
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com