Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Lain Lidah Buaya

Kompas.com - 09/10/2009, 13:54 WIB

KOMPAS.com - Lidah buaya, atau dikenal juga dengan nama aloe vera, banyak ditemukan di daerah subtropis dan tropis seperti Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Indonesia. Di Indonesia, khasiat lidah buaya kerap digunakan untuk perawatan rambut. Tetapi kini banyak produk perawatan kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan dasar. Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology membuktikan, lidah buaya efektif dalam membantu penyembuhan luka bakar dan mengatasi iritasi kulit. Ini karena sifatnya yang bisa menyejukkan, menyegarkan, dan meredakan peradangan pada kulit. Maka, lidah buaya cocok diaplikasikan pada segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Cara kerja: Salah satu produk perawatan kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar adalah after sun lotion. Lidah buaya mampu meredam rasa panas akibat terpapar sinar matahari, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Riset dari University of Mariland Medical Center memaparkan, lidah buaya mengobati iritasi kulit akibat luka bakar 9 hari lebih cepat, dibandingkan pengobatan tanpa lidah buaya.

"Lidah buaya dapat pula menggantikan peran krim hydrocortisone dalam memberikan efek yang menyejukkan bagi kulit. Terutama, meredakan rasa gatal dan iritasi akibat efek samping dari pemakaian kosmetik," ujar Baumann. Anda bisa mencoba Biokos Age Repair Anti Wrinkle Moisturizing Base.

 

(Intan Sari Boenarco/Prevention Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com