Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Kaki, Selamatkan Diabetesi dari Amputasi

Kompas.com - 12/10/2009, 19:26 WIB

KOMPAS.com — Diabetes yang tidak terkontrol lama-lama bisa menyebabkan kaki penderita bermasalah. Mulai dari aliran darah yang tidak mencapai ke ujung-ujung kaki hingga kurangnya nutrisi.

Akibatnya, luka makin sulit sembuh dan kerusakan saraf permanen hingga tidak bisa lagi merasakan nyeri, panas maupun dingin pun bakal muncul. Diabetesi (penderita diabetes) pun akan makin rentan mengalami luka atau infeksi tanpa disadari karena sudah tak bisa merasakannya.

Jika diabetesi tidak menyadari dan luka terus berkembang maka infeksi berkepanjangan sampai harus amputasi bakal dialami. Risiko ini 10 kali lipat lebih sering dialami diabetesi dibanding bukan diabetesi.

Gangguan saraf tepi yang sering disebut neuropati diabetik perifer ini juga bisa menyebabkan nyeri hebat meski penyebabnya hanya sentuhan ringan. Untuk itu, periksalah kaki Anda setiap hari dengan saksama.

dr. Intan Airlina Febiliawanti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com