Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2009, 08:49 WIB

Setiap organisme, termasuk manusia, dalam kehidupannya cenderung mempertahankan keutuhan menyeluruh sehingga homeostasis terjaga optimal. Untuk itu, terdapat tiga tingkat fungsi defensif manusia yang terintegrasi menyeluruh, yaitu tingkat aspek fisiologis, psikologis, dan sosiologis.

Tujuan kerja integratif ketiga tingkat ini adalah terjaganya keseimbangan fungsional yang tetap memberi peluang optimal bagi tumbuh kembang manusia.

Tekanan fisik atau psikis yang dirasa membahayakan akan mendapat reaksi penyesuaian terintegrasi dari ketiga fungsi manusia tersebut, demi tercapainya homeostasis antarketiga fungsi tersebut. Jadi, guna mempertahankan homeostasis hanya dibutuhkan sedikit energi.

Hal lain yang perlu kita simak adalah dalam proses homeostasis bisa saja tekanan yang sebenarnya melulu tekanan psikis akan memaksa fungsi fisiologis dan sosial ikut berpartisipasi. Mengapa? Karena jalinan integratif antarfungsi tersebut juga bersifat resiprokal, artinya saling mengisi dan diisi.

Satu hal yang umum terjadi dalam proses pembentukan reaksi penyesuaian antartiga tingkat fungsi pertahanan manusia adalah pemanfaatan energi yang dibutuhkan sangat ekonomis, hanya sedikit kebutuhan energi yang dimanfaatkan reaksi pertahanan integratif ini. Kondisi semacam ini disebut psikosomatika yang artinya tekanan psikis mendapat penyeimbang melalui gejala fisik.

Kasus

KS (51), anak ketiga dari delapan bersaudara, berkeluarga dengan empat anak yang masih di bawah usia remaja. Selama sekitar tiga bulan KS mengeluh sering diliputi rasa gelisah, cemas tidak menentu, dan tidak nyaman. Bila dibiarkan, kaki terasa dingin dan lutut bergetar. Keluhan itu muncul setelah ia mendapat perawatan lima hari di rumah sakit karena terserang demam berdarah.

KS sudah beberapa kali konsultasi kepada dokter dan melalui berbagai pemeriksaan laboratorium klinis. Menurut dokter, tidak terdapat gangguan fungsi organ tubuh yang relevan dengan keluhannya sehingga dokter memberi obat penenang dan obat tidur. Tetapi, KS tetap merasa kurang tenang dan tidak bisa tidur nyenyak. KS adalah salah satu konsultan dalam perusahaan keluarga yang cukup mapan.

Hasil pemeriksaan psikologi menunjukkan beberapa kecenderungan berikut:

KS seorang yang menuntut perhatian lingkungan yang tinggi dengan sikap mental kurang tangguh dan mudah menyerah. Daya bangkitnya rendah, tetapi banyak ide prestasi terlampau ambisius. Tampaknya ada kebutuhan kuat memiliki peran sosial dominan serta tampil mengemuka, tetapi KS tidak memiliki peluang sosial cukup untuk memuaskan kebutuhan tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com