Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uban Bukan Tanda Penuaan

Kompas.com - 04/11/2009, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Rambut putih atau uban memang identik dengan orangtua. Tak heran bila munculnya uban sering membuat seseorang merasa tua sebelum waktunya. Kemunculan rambut putih ini sebenarnya terkait dengan melanin atau pigmen yang memberi warna pada rambut. Saat produksi pigmen terhambat, maka warna rambut yang semula hitam akan berubah jadi putih.

Rambut yang berwarna putih ini sesungguhnya masih sama dengan rambut Anda yang lama, kecuali bahwa sekarang tidak mempunyai warna. Cepat lambatnya uban muncul di kepala seseorang ternyata juga terkait dengan faktor keturunan.

"Apabila di antara generasi lama Anda ada yang beruban sejak muda, mungkin sekali Anda pun akan demikian," kata Diana Bihova, MD, dari New York University Medical Center, AS. Demikian pula sebaliknya, karena faktor keturunan pula ada orang yang berusia di atas 60 tahun rambutnya masih hitam.

Terlalu sering berada di bawah sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut cepat memutih. "Sinar ultraviolet berlebihan menyebabkan sel-sel pigmen pada kulit kepala tersiksa," kata Bihova. Hal ini menyebabkan pigmen lekas pensiun sehingga uban muncul pada waktunya.

Menurut Bihova, pria biasanya mulai beruban di sekitar kening, kemudian di bagian samping, bagian atas, dan akhirnya di bagian belakang. Prosesnya tidak selalu berlangsung dengan laju yang sama, kadang-kadang pada suatu waktu uban yang muncul banyak, namun di waktu lain sedikit. Di usia 50 tahun, hampir 50 persen pria mengalami perubanan pada rambut mereka.

Setelah bagian rambut, uban kemudian menyusul muncul di bagian janggut, dada, kaki, dan alis, kemudian di sekitar ketiak dan kemaluan. Tetapi, prosesnya pada setiap orang bisa berbeda.

Sebagian orang merasa rambut putih membuat mereka tampak lebih matang dan merasa nyaman dengan kondisinya. Namun, tak sedikit orang yang ingin menutupinya dengan cat. Hal ini sah saja, apalagi kini tersedia berbagai merek cat rambut yang mampu menutupi uban namun tetap terlihat alami. Cara lain untuk menyamarkan uban adalah dengan memangkas rambut tetap pendek sehingga uban tak terlalu kentara.

Yang terpenting, meski beruban, rambut Anda tetap harus dirawat. Terlebih dengan bertambahnya usia, rambut dan kulit kepala pun cenderung mengering. Untuk menjaga kondisi rambut tetap baik, gunakan kondisioner setiap kali keramas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com