Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas Kunjungi Sekolah Inklusi

Kompas.com - 16/11/2009, 09:28 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengunjungi sekolah inklusi SD Negeri Klampis Ngasem di Surabaya, Senin (16/11). Selain itu, Nuh juga meninjau Sekolah Luar Biasa Karya Mulia.

"Kedatangan ini untuk memberi support karena prinsip yang kami pegang adalah pendidikan untuk semua dan itu tidak hanya jargon. Sopo wae, selama dulur dewe di Indonesia, kudu iso sekolah. Opo wae rupone, nggak penting," kata Nuh kepada kepala dan guru-guru.

Menurut Penjabat Kepala SDN Klampis Ngasem Yudi Pramana, dari 639 siswa SDN Klampis Ngasem, sebanyak 165 siswa berkebutuhan khusus. Koordinator inklusi SDN Klampis Ngasem Dadang Bagus menambahkan, kendati sekolah ini menerima siswa dari semua jenis cacat, fasilitasnya tidak ada.

Alat untuk terapi, alat bantu dengar, peraga dan bahan ajar braille belum ada, demikian pula kurikulum dan metode ajar. Guru pendamping yang sebanyak 40 orang pun umumnya masih honorer, hanya delapan orang yang sudah menjadi pegawai negeri sipil. Karenanya, sekolah ini tidak bisa membebaskan siswa dari biaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com