Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas Berjanji Naikkan BOS Siswa Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 17/11/2009, 13:59 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Seusai kunjungannya ke sekolah-sekolah inklusi di Surabaya, Senin (16/11), Mendiknas Mohammad Nuh berjanji akan menaikkan jatah bantuan operasional sekolah (BOS) untuk siswa berkebutuhan khusus.

Dalam kunjungan tersebut terungkap, sekolah-sekolah inklusi umumnya belum dilengkapi fasilitas peraga yang memadai bagi siswa berkebutuhan khusus. Selain fasilitas, guru-guru bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut juga belum dipersiapkan, kecuali beberapa guru dari sekolah luar biasa (SLB) yang diperbantukan.

Terkait hal itu, pemerhati masalah difabel, Bahrul Fuad, menilai, saat ini pendidikan inklusi yang sudah dimulai sejak 2007 masih sebatas pelaksanaan proyek. Oleh karena itu, persiapan untuk menerima siswa berkebutuhan khusus oleh sekolah, guru, ataupun siswa lain sangat minim.

Menurut Bahrul, guru-guru dan siswa perlu dikondisikan sebelum pendidikan inklusi diterapkan. Siswa, misalnya, perlu mengetahui cara melihat teman-temannya yang tunanetra dan cara berkomunikasi dengan teman yang tunarungu. Ruang kelas, akses sekolah, ataupun peralatan belajar mengajar juga perlu disiapkan. Pelatihan untuk guru-guru sangat diperlukan, misalnya, melalui kerja sama dengan SLB.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Suwanto mengatakan, di Jatim terdapat 388 SLB dengan jumlah siswa 13.159 orang. Selain itu, terdapat 93 sekolah inklusi dengan siswa berkebutuhan khusus 1.476 anak.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Surabaya Eko Prasetyoningsih mengatakan, pelatihan untuk guru-guru di sekolah inklusi dimulai pada 2010. Pelatihan ini akan melibatkan pakar pendidikan luar biasa dan aktivis difabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com