Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innovation for Life, Perluas Akses Pengobatan Penyakit Kronis

Kompas.com - 02/12/2009, 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses pasien terhadap pelayanan kesehatan dan pengobatan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau saat ini masih menjadi persoalan. Tak heran bila masalah ini ikut memicu peningkatan prevalensi penyakit, khususnya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Guna memperluas akses terhadap pengobatan dan memberi edukasi kepada pasien mengenai penanganan penyakit yang tepat, Sanofi-Aventis Indonesia meluncurkan program kemitraan bernama Innovation for Life, Rabu (2/12) , di Jakarta.

Program ini merupakan usaha bersama antara sanofi-aventis, pemerintah dan komunitas medis yang dikembangkan untuk memberi dukungan, pengetahuan dan membantu meringankan beban biaya yang ditanggung para penderita penyakit kronis.

Innovation for Life diimplementasikan melalui kerja sama dengan Askes dan Jamkesmas, program Mitra Sehat dan Diabetes Education Center (DEC).  Melalui Askes dan Jamkesmas, hampir 100 juta pasien memiliki kesempatan untuk mendapatkan obat-obatan inovatif penyakit kronis dari sanofi-aventis.

“Bagi kebanyakan pasien di Indonesia, terapi penyakit kronis yang mutakhir terlalu mahal untuk ukuran pendapatan mereka. Beratnya biaya yang harus ditanggung pasien dan tidak adanya asuransi menjadi halangan bagi para pasien untuk menjalani pengobatan yang tepat. Perluasan akses melalui asuransi merupakan salah satu solusinya,” kata Dr. Umbu M. Marisi, Direktur Operasional PT Askes.

Endokrinolog senior Prof. Slamet Suyono MD menyatakan, apabila tidak ditangani dengan benar, penyakit kronis dapat menimbulkan komplikasi yang menyebabkan beban ekonomi dan sosial yang lebih berat bagi para pasien beserta keluarganya.

“Kami berusaha meningkatkan kepatuhan pasien untuk mengikuti terapi penyakit kronis yang tepat agar kondisinya tidak memburuk,” ujarnya

Sementara itu, Presiden Direktur Sanofi-Aventis Indonesia, Gilbert Julien, menyatakan ada tiga tujuan yang ingin dicapai dari program Innovation for Life.  Pertama, memberi kesempatan bagi para penderita penyakit kronis untuk mendapatkan pengobatan terbaik dan efektif dalam jangka panjang. Kedua, meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarganya mengenai penanganan penyakit yang tepat agar pengobatannya dapat berhasil.

"Terakhir, menilik bahwa penanganan penyakit kronis bisa memakan waktu yang lama, kami berharap program ini dapat memberikan solusi berkesinambungan sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan kualitas hidup para pasien,” kata Gilbert Julien.

Dalam program Mitra Sehat, sanofi-aventis bekerja sama dengan para dokter dan apotek di Jakarta untuk memperluas akses dan meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengikuti pengobatan penyakit kronis, serta memberi pemahaman yang tepat mengenai penyakit kronis.

Sedangkan melalui DEC, sanofi-aventis ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penanganan diabetes dan membantu pasien untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com