Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Makan Telur Tiap Hari Tanpa Khawatir

Kompas.com - 09/12/2009, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Anda sangat menyukai telur, tapi tidak ingin menambah kadar kolesterol dalam tubuh? Beberapa trik bisa dilakukan.

Sebagai gambaran, satu butir telur besar mengandung 210 mg kolesterol, sekitar dua pertiga dari batasan asupan harian, yaitu sekitar 300 mg.

Itu sebabnya, Anda harus mengombinasikan telur dengan makanan rendah kolesterol. Turunkan asupan kolesterol, Anda pun tetap bisa makan satu butir telur setiap hari. Kadar kolesterol tetap stabil. Caranya:

1.    Jika makan satu butir telur besar, batasi jumlah kolesterol dari makanan lainnya sampai sekitar 90 mg per hari.

2.    Pilih makanan turunan susu dan berbahan rendah atau bebas lemak. Begitu juga dengan daging, pilih yang kandungan lemaknya sedikit.

3.    Buat setidaknya satu jenis makanan vegetarian. Hanya makanan yang berasal dari hewan yang mengandung kolesterol. Makanan nabati mempunyai kolesterol nol.

4.    Pilihlah daging rendah lemak. Besarnya tidak lebih dari tumpukan kartu remi sekitar 85 gram.

5.    Beralihlah ke telur ukuran sedang, maka Anda menghemat kelebihan 25 mg kolesterol.

Ada satu perkecualian. Jika kolesterol dalam darah sudah cukup tinggi, lebih dari 240 mg/dl atau Anda mempunyai tekanan darah tinggi atau diabetes, batas asupan harian kolesterol adalah sekitar 200 mg. Pilihlah telur berukuran sedang atau kecil dan jangan lupa untuk memangkas kolesterol dari makanan lainnya. @diy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com