Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Bedak pada Kesuburan

Kompas.com - 12/12/2009, 11:36 WIB

Meski sudah menikah selama dua tahun, wanita ini belum juga dikaruniai anak. Ia menduga penggunaan bedak tabur di sekitar vagina untuk menghilangkan gatal yang dulu sering dilakukannya menjadi penyebab belum hadirnya anak dalam perkawinannya. Bagaimana tanggapan dokter?

Menurut dr. Dewi Rumiris, SpOG, dari Brawijaya Women & Children Hospital, penggunaan bedak sebenarnya tidak menyebabkan sulit memiliki anak. Tapi rasa gatal yang sering dikeluhkan seharusnya dicermati. Sebagai informasi, bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip di sana-sini sehingga mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu.

Ada kemungkinan Anda mengalami infeksi akibat jamur atau bakteri di sekitar vagina yang ditandai munculnya rasa gatal itu. Infeksi dapat menjalar ke rahim dan saluran telur sehingga menyebabkan terjadinya perlengketan. Nah, perlengketan karena infeksi ini perlu diwaspadai karena menyebabkan rahim atau saluran telur tertutup atau tersumbat. Kondisi ini yang menyebabkan perempuan sulit hamil.

Namun, untuk memastikan apa sebab sulit punya anak, sebaiknya berkonsultasi ke ahli kandungan. Mungkin akan disarankan untuk pemeriksaan lengkap. karena sebab  penyebabnya bisa dari berbagai faktor. Misal, saluran telur tersumbat, sel telur tidak matang, sperma suami kurang bagus, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com