Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Pengusir Napas Tidak Sedap

Kompas.com - 04/01/2010, 15:02 WIB

KOMPAS.com — Tak semua makanan bisa menimbulkan bau napas tidak sedap. Beberapa tumbuhan herbal, buah, sayur, dan karbohidrat bisa menghentikan bau sebelum dimulai. Beberapa di antaranya adalah:

Tumbuhan herbal
Selain peterseli, tumbuhan lain yang bisa membantu mengurangi bau mulut antara lain ketumbar, kayu manis, taragon, rosemary, spearmint, eucalyptus, dan kapulaga. Jika Anda tahan, maka kunyah tumbuhan ini langsung atau rebus kemudian minum.

Sayuran dan buah-buahan renyah  
Seledri, wortel, apel, dan buah atau sayuran lain yang kaya serat (yang membuatnya renyah) mampu membantu menjaga kesehatan oral kita. Makanan ini akan meningkatkan produksi air liur serta menjaga mulut tetap lembab dan bersih.

Vitamin C
Melon, buah beri, dan brokoli membantu menciptakan kondisi mulut bersih bakteri. Plus, makanan-makanan ini membantu mencegah radang dan penyakit gusi sehingga  mulut lebih nyaman. Pastikan Anda juga mendapatkan vitamin C yang cukup dari makanan-makanan tersebut. Tubuh dapat menyerap vitamin C dari makanan lebih baik dan cepat.

Selain dari upaya menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash, The American Academy of Periodontology merekomendasikan beberapa hal lain untuk menjamin napas Anda tetap segar sepanjang hari.

* Hidrasi cukup. Untuk mengurangi bau napas tidak sedap akibat mulut kering, upayakan untuk mencukupi kebutuhan air sepanjang hari dan kurangi asupan kopi, soda, dan minuman beralkohol.

* Mengunyah permen karet. Permen karet bebas gula bisa membantu mulut memproduksi air liur lebih banyak. Hal ini bisa membantu menghilangkan makanan dan bakteri yang tersisa di dalam mulut.

* Berinvestasi pada sikat gigi bagus. Pilih sikat gigi yang bulunya lembut. Ganti sikat 4 bulan sekali untuk memastikan sikat itu masih berfungsi baik.

* Membuat janji dengan dokter gigi, setidaknya dua kali setahun untuk memastikan gigi Anda dalam kondisi baik, membersihkan karang atau plak, dan tak ada masalah lain pada mulut yang bisa menyebabkan napas berbau tidak sedap.

* Perlunak diet. Diet karbohidrat bisa menyebabkan napas berbau tidak sedap. Coba tambahkan karbohidrat dalam jumlah secukupnya, misalnya lewat crackers setidaknya 1-2 dalam sehari. Napas tak hanya akan lebih segar, tetapi tubuh Anda juga akan lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com