Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamu Jadi Obat Flu H1N1

Kompas.com - 18/01/2010, 15:31 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Para pakar Korea Selatan telah mengembangkan satu obat herbal untuk penyembuhan flu A(H1N1) yang juga dikenal sebagai flu babi, lembaga riset milik pemerintah mengumumkan, Senin (18/1/2010).
   
Lembaga Perobatan Oriental Korea (KIOM) mengatakan, pihaknya berhasil mengekstrakkan beberapa bahan baku yang digunakan dalam penyembuhan herbal tradisional yang menunjukkan, hasilnya cepat menyembuhkan ketika disuntikkan kepada tikus yang terinfeksi penyakit itu.
   
Obat herbal itu, yang oleh para pakar dinamakan KIOM-C, telah dikembangkan dengan mengkombinasikan bahan baku yang diekstrakkan dari selusin unsur herbal, menurut KIOM. "Tes laboratorium dilakukan pada perusahaan lokal BioLeaders Corp. dan menunjukkan kuatnya kualitas anti-viral obat buatan dari unsur-unsur yang ditemukan di dalam obat oriental," kata Ma Jin-yeul, kepala Pusat Riset Pengembangan Obat Herbal KIOM.
   
Ma mengatakan bahwa  pengetesan lebih detil akan dilakukan untuk mendukung penemuannya ini, namun obat herbal tersebut dalam bentuk tablet baru akan bisa didapat sekitar tiga tahun mendatang.
   
Obat tersebut diharapkan akan menjadi seperti obat anti-viral Tamiflu yang sekarang beredar di pasaran.
   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com