Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Ajarkan "Toilet Training" pada Anak

Kompas.com - 25/01/2010, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda berencana untuk menanggalkan popok si kecil dan mengajarkan ia menggunakan toilet, waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat anak berusia antara dua hingga tiga tahun.

Studi teranyar merekomendasikan para orangtua untuk mulai mengenalkan toilet training saat anak berusia 27-32 bulan. Anak yang baru mulai belajar menggunakan toilet di atas usia 3 tahun cenderung lebih sering mengompol hingga usia sekolah. Sebaliknya, bila Anda mulai mengenalkan anak untuk pipis dan buang air besar di toilet sebelum ia berusia 27 bulan justru lebih sering gagal.

Selama ini terdapat dua pendapat berbeda mengenai kapan waktu terbaik untuk mulai mengajarkan toilet training pada anak. Pendapat pertama menyebutkan, untuk mengajari anak sedini mungkin, sedangkan pendapat lain menyebutkan untuk menunggu hingga anak besar dan ia mulai menunjukkan tanda siap. Namun, belum ada studi yang bisa menyebutkan kapan usia paling tepat untuk memulai transisi dari popok ke toilet ini.

Meski salah satu cara mengajarkan toilet training adalah dengan memberi contoh, namun para peneliti dari Amerika Serikat dalam laporannya yang dimuat dalam Journal of Pediatric Urology mengatakan bahwa waktu yang tepat jauh lebih penting daripada teknik.

Para peneliti melakukan studi dengan mewawancarai 157 orangtua yang memiliki anak berusia 4-12 tahun yang rutin berkonsultasi pada dokter karena anaknya masih mengompol. Para orangtua tersebut ditanyai kapan mereka mulai mengajarkan toilet training dan metode apa yang dipakai. Jawaban para responden itu kemudian dibandingkan dengan orangtua dari 58 anak yang memiliki kemiripan usia, gender, ras, dan faktor lain, namun tidak punya masalah mengompol.

Pada anak yang masih mengompol di usia 4-12 tahun, rata-rata mereka mulai diajarkan toilet training oleh orangtua saat mereka berusia 31 bulan, dibandingkan dengan anak dari kelompok tak mengompol 28,7 bulan.

Peter Stavinoha, penulis buku Stress-Free Potty Training, mengatakan bahwa usia tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan kapan anak harus mulai diajarkan menggunakan toilet.

"Meski rata-rata anak sudah bisa diajarkan di usia 2,5 tahun tapi tidak semua anak sama. Kuncinya adalah saat perkembangan fisik, emosi, dan psikologis anak siap," kata Stavinoha, ahli neuropsikologis klinis dari Children's Medical Center, Dallas, AS.

Tanda-tanda anak mulai siap diajarkan adalah dapat duduk tegak, punya ritme ke toilet dalam 2-3 jam, dapat membuka dan memakai celana sendiri, bisa memahami instruksi sederhana dan sudah bisa mengatakan keinginannya.

"Orangtua harus menjadi pembimbing, memfasilitasi, dan menyemangati anak. Hindari memaksakan kehendak pada anak, biarkan anak melewati tahapan-tahapan toilet training," saran Stavinoha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com