Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rollercoaster Hormon Wanita Sekitar Masa Haid

Kompas.com - 28/01/2010, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Menjelang dan seusai siklus haid, suasana hati seorang wanita bisa naik-turun layaknya wahan rollercoaster. Agar suasana hati tidak seperti diatur oleh hormon, ada baiknya Anda mengenali kecenderungan hormon dan apa yang bisa diakibatkan olehnya.

Melalui bukunya yang berjudul The Lazy Girl's Guide to Good Health, Anita Naik, pengisi kolom di majalah-majalah internasional mengatakan, bahwa ada dua hormon yang mengendalikan wanita; estrogen dan progesteron. Estrogen merupakan hormon anak kucing penggoda yang seksi, lincah, dan haus perhatian. Sementara hormon progesteron merupakan hormon yang sifatnya uring-uringan, pemarah, merusak kesenangan, dan memadamkan semangat. Ketika dalam sehari kita merasa murung, tertekan, kembung, cengeng, marah, atau bosan secara bergantian, kemungkinan penyebabnya adalah salah satu dari kedua hormon ini.

Agar lebih bisa memahami apa yang terjadi di dalam tubuh kita di seputar siklus haid, pahamilah siklus bulanan kedua hormon tersebut:

Hari 1-7 (dihitung sejak hari pertama haid)
Di masa ini, biasanya pembawaan terasa santai, bahagia, dan tenang. Sebab, kelenjar pituitari pada otak kita melepaskan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) atau hormon perangsang folikel. Hormon ini merangsang sel indung telur. Ketika ini terjadi, tingkat stres kita berada pada titik terendah, sementara tingkat konsentrasi kita berada pada titik puncak.

Hari 7-14
Ini merupakan titik puncak siklus bulanan kita. Pada masa ini, sel telur sedang dilepaskan. Pada masa ini, kita akan merasa amat memikat dan seksi.

Hari 14-21
Di awal masa ini, hotmon lutein dilepaskan di otak. Ketika ini terjadi, ovulasi pun dirangsang dan hasrat seks pun terpicu sangat tinggi. Namun, begitu ovulasi terjadi yang prosesnya memakan waktu 2 hari, tingkat estrogen akan menurun dan progesteron pun mulai naik, sehingga memadamkan hasrat seks dan menimbulkan gejala uring-uringan sindrom prahaid (SPH).

Hari 21-28
Menjelang hari-hari haid. Persiapkan diri Anda, karena dua hormon sudah perlahan menghilang. Pada saat ini, tingkat konsentrasi pun merosot karena tubuh kehabisan energi yang diproses ke daerah lain pada tubuh. Pada saat ini, hormon testosteron (hormon seks pria) pun mulai menelisip. Hormon ini ada pada setiap wanita dalam jumlah kecil. Ketika hormon tersebut meningkat, hormon estrogen pun menurun, hal ini akan memberikan dorongan seks yang mendadak. Tak heran jika tiba-tiba bisa mencapai orgasme dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com