Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gates Janjikan Bantuan Dana Pembuatan Vaksin

Kompas.com - 30/01/2010, 13:33 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — The Bill and Melinda Gates Foundation akan mendonasikan 10 miliar dollar AS selama periode satu dekade mendatang untuk membiayai riset pembuatan vaksin baru yang akan diberikan kepada penduduk di negara miskin.

Dalam pernyataannya, Bill Gates juga mengajak pemerintah dan dunia bisnis untuk ikut terlibat. Ia mengatakan, donasi tersebut akan menghasilkan jumlah imunisasi yang sangat besar sehingga diharapkan bisa mencapai target pemberian vaksin pada 90 persen anak-anak di negara miskin agar mereka terhindar dari penyakit mematikan, seperti diare dan pneumonia.

"Ini adalah dekade vaksin. Vaksin telah terbukti aman dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara miskin. Lewat inovasi terbaru di dunia vaksin kita berharap akan lebih banyak anak yang diselamatkan," kata Bill Gates dalam pernyataannya.

Ia menambahkan, donasi yang digelontorkan yayasannya bertambah dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya 4,5 miliar dollar AS. Lewat donasi ini, diperkirakan 7,6 juta anak berusia kurang dari 5 tahun bisa diselamatkan pada tahun 2019.

Diperkirakan akan ada tambahan 1,1 juta anak lagi yang bisa diselamatkan setelah vaksin malaria diproduksi tahun 2014 mendatang. Demikian juga dengan vaksin TBC yang akan mencegah lebih banyak kematian.

"Vaksin adalah keajaiban. Kita hanya butuh beberapa dosis namun mereka akan bekerja mencegah penyakit seumur hidup kita," ujar Melinda Gates.
 
The Bill and Melinda Gates Foundation merupakan yayasan yang didirikan oleh salah satu orang terkaya di dunia ini untuk mengurusi masalah kesehatan dan pendidikan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com