Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Pun Ingin Operasi Plastik

Kompas.com - 02/02/2010, 00:16 WIB

KOMPAS.com - Siapa bilang hanya wanita yang terobsesi dengan perut yang rata, hidung mancung, atau kelopak mata yang mampu melawan gravitasi, dan rela melakukan bedah plastik untuk mendapatkannya? Di Inggris saat ini terjadi booming operasi plastik, khususnya di kalangan pria.

Menurut penelitian baru yang dilaporkan oleh The British Association of Aesthetic and Plastic Surgeons (BAAPS), tahun lalu tak kurang dari 3.623 pria menjalani bedah plastik. Hal ini merupakan kenaikan sebesar 21 persen dari tahun 2008.

Di antara berbagai prosedur yang diminati, bedah payudara (dikenal dengan istilah moob job) termasuk yang paling populer. Peningkatannya mencapai 80 persen, sehingga menjadikannya prosedur terpopuler ketiga yang dilakukan kaum pria. Operasi plastik terpopuler pertama dan kedua adalah rhinoplasty (rekonstruksi hidung) dan blepharoplasty (rekonstruksi kelopak mata).

Dibandingkan pria, wanita memang masih mendominasi pemakaian pisau bedah dengan setidaknya 32.193 operasi pada tahun 2009. Hal ini merupakan kenaikan sebesar 5,4 persen, dengan operasi payudara menempati posisi pertama yang paling diminati.

Menurut presiden BAAPS yang juga konsultan bedah plastik Nigel Merceer, "Minat masyarakat dalam operasi estetika tampaknya tetap kuat, dan terus berkembang di antara pria Inggris meskipun negara ini juga terkena dampak resesi."

Tingginya perhatian media yang meningkat terhadap fenomena ini membuat pria menyadari bahwa prosedur ini layak dijalani. Popularitas prosedur pengangkatan alis dan kelopak mata terus berlanjut. Para pria dilaporkan cenderung memilih untuk memperbaiki salah satu saja fitur pada wajahnya, karena dianggap lebih ekonomis ketimbang harus melakukan facelift secara total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com