Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Petunjuk Obesitas Anak

Kompas.com - 15/02/2010, 10:09 WIB

KOMPAS.com — Petunjuk terjadinya obesitas atau kegemukan anak selama hidupnya dapat dilihat sebelum anak berusia dua tahun. Salah satu tandanya adalah peningkatan berat badan yang cepat.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 100 anak dan remaja yang mengalami obesitas menunjukkan, setengah dari anak-anak itu mengalami kelebihan berat badan saat berusia 24 bulan dan 90 persen obesitas pada usia lima tahun. Seperempatnya bahkan mengalami kegemukan sebelum usia lima bulan.

Di negara-negara maju, masalah obesitas telah menjadi perhatian serius para praktisi kesehatan karena gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh kelebihan bobot tubuh ini. Di Inggris, sekitar 27 persen anak menderita obesitas.

Meski peningkatan berat badan yang cepat pada masa kanak-kanak belum dipahami penyebabnya, pemberian makanan padat yang lebih dini, pola makan yang buruk, dan minimnya aktivitas fisik diduga memberikan kontribusi.

Para peneliti seperti dilaporkan dalam jurnal Clinical Pediatrics menyebutkan, pola makan anak sudah terbentuk sebelum anak berusia dua tahun. Oleh karena itu, mengubah kebiasaan makan anak di usia lebih besar dianggap lebih sulit.

John Harrington, ketua peneliti dari Eastern Virginia Medical School, mengatakan, hasil tersebut seharusnya menjadi ”peringatan dini” bagi dokter dan juga orangtua agar menanamkan pola makan sehat sedini mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com