Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Gay-Lesbian Se-Asia Batal Digelar

Kompas.com - 25/03/2010, 11:13 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Karena tak mendapatkan izin keamanan dari pihak Polda Jatim dan Polwiltabes Surabaya, akhirnya kegiatan Konferensi Regional International Lesbian, Gay, Bisexual, Trans and Intersex Association (ILGA) yang sedianya akan digelar di Surabaya batal digelar.

"Konferensi ILGA se-Asia untuk sementara waktu kami tunda atau kami batalkan dulu," ujar Ketua GAYa Nusantara Raphael Da Costa saat dikonfirmasi, Kamis (25/3/2010).

Raphael menuturkan, sejak kemarin pihaknya dari panitia penyelenggara sempat mendatangi Polda Jatim untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan. Namun, akhirnya pihak kepolisian pun tetap tak memberikan izin kegiatan ini untuk bisa digelar di Surabaya.

"Kami hanya memberitahukan kepada kepolisian. Tapi, pertimbangan polisi, yakni faktor keamanan yang kami minta, tidak bisa digelar konferensi di Surabaya," kata Raphael.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi penolakan atas konferensi ILGA ini juga muncul dari sejumlah kalangan, seperti dari Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur, Pengurus Wilayah Muhamadiyah Jawa Jimur, Front Pembela Islam Surabaya, Pemkot Surabaya, Polda Jatim, dan Polwiltabes Surabaya.

Bahkan, pihak Hotel Mercure yang rencananya menjadi tempat berlangsungnya acara pun turut menolak dengan membatalkan sewa hotel yang telah disewa panitia ILGA dengan alasan keamanan. Sedianya, konferensi akan digelar selama tiga hari pada 26-28 Maret 2010 dan akan dihadiri 100 peserta yang berasal dari 20 negara Asia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com