Rabu, 23 Juli 2014 04:18

Menghadapi Flu dan Gejalanya dengan Cara Mudah

Penulis : Nadia Felicia | Sabtu, 3 April 2010 | 22:05 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
Minuman hangat bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat hidung tersumbat karena pilek.

KOMPAS.com - Ketika Anda sedang merasa badan Anda tidak segar, bangun pertahanan tubuh Anda di tempat tidur. Tempat tidur adalah tempat Anda untuk berbaring dan beristirahat. Tempat inilah yang akan membantu Anda memerangi penyakit. Satu hasil penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine menemukan, bahwa para responden yang jumlah waktu tidurnya kurang dari 7 jam per malam memiliki kecenderungan tiga kali lebih mudah terserang gejala flu ketimbang mereka yang waktu tidurnya 8 jam atau lebih. Berikut adalah hal yang bisa membantu Anda meringankan rasa tidak nyaman saat sedang menghadapi flu ringan.

1. Minum cairan hangat
Beberapa minuman memang bisa membantu mencegah dehidrasi dan mempermudah aliran pernapasan, namun minuman hangat atau panas bisa memberikan efek yang melegakan saat terjadi penyumbatan pada pernapasan. Minuman panas atau hangat lebih baik ketimbang minuman dengan suhu yang setara dengan suhu ruangan. Selain membiasakan diri untuk meminum banyak air, cobalah untuk tak lupa meminum teh panas atau air hangat yang ditambahkan perasan lemon dan madu. Jika memungkinkan, tambahkan menu sup ayam ketika Anda sakit. Sup ayam memiliki zat antiradang yang bisa membantu melegakan dan memperlancar keluarnya cairan mucus dari hidung.

2. Madu, madu, madu!
Jika anak Anda memiliki kesulitan untuk tidur di malam hari akibat batuk, cobalah berikan satu sendok teh madu asli. Riset dari Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menyatakan bahwa memberikan madu pada anak yang menderita batuk bisa meredam rasa gatal dan memberikan sedikit rasa nyaman di tenggorokkan anak. Hanya saja, jangan diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun karena bisa berisiko terkena penyakit botulisme.

3. Berkumur air garam
Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Anda bisa gunakan campuran tadi untuk berkumur setiap 3-4 jam sekali untuk meredakan sementara rasa gatal di tenggorokan.

4. Membuka jalur pernapasan
Gunakan obat tetes untuk hidung khusus melegakan hidung tersumbat. Biasanya cairan ini tersedia pula untuk anak-anak. Sebuah studi pernah menyatakan, bahwa anak-anak yang menggunakan cairan pelega hidung tersumbat lebih cepat berkurang rasa tak nyaman karena hidung tersumbat ketimbang anak-anak yang tak menggunakannya. Tentunya penggunaan cairan ini pada anak-anak yang menggunakan obat tetes ini juga dibantu dengan obat-obatan yang sesuai penyakitnya.

5. Menambah kelembaban
Virus flu hidup lebih lama dalam keadaan yang kering. Menggunakan pelembab udara ruangan (humidifier) bisa mengurangi udara kering di sekitar ruangan. Pastikan pelembab udara bebas bakteri dan jamur pada alatnya dengan membersihkannya setiap 2-3 hari sekali.


Sumber :
Editor :
NF

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui