Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertolongan Pertama Saat Anak Mimisan

Kompas.com - 09/04/2010, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Perdarahan hidung atau mimisan biasanya terjadi ketika pembuluh darah di hidung pecah, bisa karena benturan, akibat bersin, mengorek hidung, dan lain-lain. Penyakit infeksi seperti flu membuat pembuluh darah di hidung lebih rapuh. Perdarahan dari hidung bisa juga terjadi akibat tekanan darah tinggi.

Perdarahan dari hidung biasanya tidak serius, hanya terasa tidak nyaman. Namun, perdarahan bisa menjadi berbahaya bila tidak ditangani karena anak bisa kehilangan banyak darah. Jika anak mengalami mimisan, lakukan hal-hal berikut:

- Minta anak duduk dengan kepala menunduk. Jangan mendongakkan kepala anak karena darah dapat masuk ke kerongkongan sehingga memicu muntah.

- Minta anak untuk bernapas melalui mulut (ini juga memberi efek menenangkan) dan jepit hidung tepat di bawah bagian kerad dari hidung. Bantu korban bila perlu.

- Bila perdarahan masih ada setelah lebih dari 30 menit, bawa anak ke RS dalam posisi penanganan di atas.

(Hasto Prianggoro/Tabloid Nova)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com