Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lebih Semangat? Makan Bayam!

Kompas.com - 13/04/2010, 15:25 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda pernah merasa kelelahan dan mengantuk usai makan, mungkin ada yang salah dengan menu Anda tersebut. Supaya hal tersebut tidak lagi mengganggu produktivitas Anda, pilihlah menu makanan yang melepas energinya secara peralahan, sehingga memberikan energi untuk menjalani hari yang lebih lama.

Mengasup makanan yang tepat sangat penting, terutama ketika Anda seringkali merasa kelelahan akibat stres dan gaya hidup yang supersibuk. Rasa lelah yang berulang akan menjadi kronis dan membuat Anda rentan penyakit jika tak segera ditangani. Salah satu bahan makanan yang bisa Anda pilih untuk melawan kelelahan tersebut adalah bayam.

Ya, bayam, makanan yang membuat  tokoh kartun Popeye menjadi kuat. Bayam kaya akan nutrisi yang penting untuk melawan kelelahan dan membantu tubuh berenergi pada puncaknya. Bayam merupakan makanan yang paling kaya kandungan zat besi, magnesium, dan potasium. Selain itu juga merupakan sumber utama vitamin B yang meningkatkan tenaga.

Zat besi memiliki peran yang langsung dan penting untuk melawan kelelahan. Zat ini juga dikenal sebagai pendongkrak energi, membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, dan membantu tubuh untuk beraktivitas secara optimal. Tanpa oksigen yang cukup, sel tubuh kita melambat dan bahkan bisa berhenti bekerja.

Zat besi yang rendah bisa menyebabkan kelelahan mental, juga anemia. Gejala anemia termasuk; kelelahan, kekurangan energi, lemah, sulit berkonsentrasi, apatis, insomnia, dan kehilangan nafsu makan. Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya menawarkan zat besi yang tinggi, namun dengan kalori yang rendah. Bayam juga merupakan sumber vitamin C, yang tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga berfungsi untuk penyerapan zat besi.

Magnesium adalah salah satu mineral yang memainkan peran vital dalam produksi energi. Bahkan berhubungan erat dengan ratusan reaksi enzim di dalam tubuh kita, dan memainkan peran penting pada sistem kardiovaskuler, pencernaan, dan saraf, otot, ginjal, hati, dan otak. Kehadiran magnesium penting untuk memproduksi energi, pencernaan yang sehat, dan kesehatan saraf serta otot. Tak heran, ketika kita kekurangan magnesium, otak dan tubuh kita melambat. Bahkan kekurangan sedikit saja bisa menyebabkan kurangnya level energi, yang berakibat makin kerasnya kerja tubuh Anda, sehingga berakibat kepada kelelahan.

Gejala kekurangan magnesium antara lain; ketidakseimbangan gula darah, depresi, lemah otot, otot kram, kejang otot, tubuh tegang, kekurangan energi, kelelahan, sulit tidur, kebingungan, dan kehilangan nafsu makan. Seperti magnesium, potasium berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Fisik yang kelelahan karena kerja keras adalah penyebab utama kekurangan potasium, tapi juga bisa terjadi jika Anda mengalami dehidrasi karena sakit atau untuk alasan lain. Gejala kekurangan potasium meliputi; otot lemah, kebingungan, dan rasa lelah.

Disarankan untuk mengonsumsi nutrisi-nutrisi ini setiap hari. Jika memungkinkan, masukkan bayam di dalam menu bersantap Anda sesering mungkin. Cobalah untuk memasukkan bahan makanan ini ke dalam menu harian Anda sebisa mungkin, misal, bayam yang dikukus disajikan bersama telur di pagi hari, masukkan bayam di dalam sandwich, atau sebagai lauk untuk makan siang, dibuat sup di malam hari, dan sebagainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com