Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teliti Treadmills Sebelum Membeli

Kompas.com - 18/04/2010, 12:59 WIB

KOMPAS.com - Latihan kardio sangat disarankan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Salah satu alat untuk berlatih kardio adalah treadmills. Mesin ini bahkan memungkinkan kita untuk berolahraga di rumah sendiri tanpa repot-repot ke gym.

Tetapi sebelum memboyong mesin berjalan ini, Edward R.Laskowski dari Mayo Clinic menyarankan sebaiknya kita membuat daftar features atau fasilitas apa saja yang harus kita temukan di dalamnya.

Horsepower, ini adalah satuan kecepatan yang umumnya digunakan pada treadmill. Laskowski menyarankan agar kita memilih treadmill yang kecepatannya minimal 1,5 horsepower, karena ini memungkinkan kita untuk berjalan santai di atas treadmill.

Perhatikan stabilitasnya. Kita harus mencoba terlebih dahulu, seberapa kuat treadmill menerima beban badan kita ketika berjalan di atasnya. Pastikan juga pegangan tangan atau handrails di kiri dan kanannya mudah untuk diraih dan tidak licin ketika bersentuhan dengan air atau keringat. Tes juga saat treadmill dijalankan, perhatikan apakah hentakan kaki kita membuat alas karet yang kita injak menjadi tidak stabil. Karena seharusnya alas karet tersebut tetap kokoh menahan beban kita.

Ukuran handrails yang nyaman. Letakkan telapak tangan di atas handrails, dan rasakan apakah sudah cukup untuk menopang kita ketika berjalan. Kenyamanan bisa juga diukur dari lebar dan panjangnya handrails yang mampu menyesuaikan gerakan jalan atau berlari kita. Jika kita merasa jarak antara tubuh dengan handrails terlalu jauh atau terlalu dekat, sebaiknya cari yang benar-benar ergonomis dengan tubuh.

Memiliki emergency shut-off key. Fasilitas ini ibarat sabuk pengaman bagi kita, sebab ketika treadmill tidak stabil atau alas karetnya tiba-tiba selip, maka mesin akan mati secara otomatis.

Fasilitas program yang mudah dioperasikan. Ini artinya, papan program yang melintang di depan kita mudah untuk terbaca saat kita berjalan atau berlari di atas treadmill. Sehingga ketika kita ingin mengubah kecepatan seiring dengan cepat atau lambatnya gerakan, navigasi alatnya mudah untuk dioperasikan. Dan ingat, tidak selamanya treadmill diukur dari berapa banyak program yang dimiliki. Karena itu hanya membuat kita mengeluarkan kocek lebih banyak dan belum tentu bermanfaat langsung dengan niatan kita membeli treadmill.

Ukur juga tingkat kebisingan dari alat. Jika suara mesin yang dikeluarkan justru membuat kita stres, buat apa membelinya? Terlebih ketika kita berencana untuk menggunakan treadmill sambil mendengarkan musik dari perangkat stereo yang kita punya.

Cermati detail asuransi yang diberikan. Kemudahan apa saja yang kita dapat ketika treadmill rusak? Apakah tersedia layanan kerusakan? Dan kondisi kerusakan seperti apa yang ditanggung oleh produsen? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus kita ajukan kepada pelayan toko, agar kita benar-benar mengerti situasi dan kondisi seperti apa yang ditanggung produsen.

(Siagian Priska/Prevention Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com