Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ragam Cara Mengolah Brokoli

Kompas.com - 21/05/2010, 23:45 WIB

KOMPAS.com - Brokoli telah lama dianggap sebagai salah satu makanan super yang menyimpan manfaat kesehatan luar biasa. Sayuran hijau ini mengandung vitamin C, asam folat, potassium, dan serat. Mengonsumsi sayuran ini secara teratur disebut-sebut mampu mencegah perkembangan kanker payudara, diabetes, kanker usus, kanker perut, dan berbagai penyakit lain.

Sayangnya, masih banyak orang enggan mengonsumsi brokoli. Padahal, brokoli juga bisa menjadi hidangan yang lezat jika Anda memiliki alternatif dalam cara mengolahnya. Berikut adalah beberapa ragam cara pengolahan brokoli yang bisa Anda ikuti.

Campuran mi goreng. Tumis brokoli ukuran mini dan sayuran lain ke dalam penggorengan yang telah dipanaskan, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi mi. Jangan lupa masukkan bumbu-bumbunya. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan daging ayam, tahu, atau udang ke dalamnya. 

Isi tempura. Memasukkan brokoli yang digoreng dengan minyak panas ke dalam adonan tempura mungkin akan menggagalkan niat Anda mendapatkan manfaat kesehatan dari brokoli. Namun jika hal ini Anda lakukan sekali-sekali saja rasanya tak akan merugikan.

Salad sayuran. Menggunakan beragam jenis selada untuk salad tentu sudah biasa. Coba gantikan selada dengan brokoli, dan buatlah caesar salad dengan brokoli. Jangan lupa berikan irisan daging dada ayam dan crouton, lalu siram dengan salad dressing favorit Anda. 

Panggang dengan kaserol. Ingin menu sayuran yang betul-betul berbeda dari biasanya? Panggang brokoli bersama kaserol keju, lalu sajikan dengan  lauk lainnya. Agar tidak terlalu merasa bersalah, gunakan mayones bebas lemak dan keju krim bebas lemak saat memanggangnya.

Isi baked potato. Suka baked potato yang kerap Anda nikmati di restoran? Anda bisa membuat sendiri dalam versi yang lebih sehat. Masukkan brokoli, daging asap, dan keju parut untuk isian ke dalam kentang yang sudah dipanggang setengah matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com