Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Imunisasi Dulu Sebelum Pergi ke LN

Kompas.com - 25/05/2010, 11:01 WIB

KOMPAS.com Kalau Anda sering melancong ke luar negeri, tidak ada salahnya membentengi tubuh dengan melakukan imunisasi. Cara tersebut akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit yang berkembang di negara lain.

Menurut Sukamto Koesnoe, dokter spesialis penyakit dalam alergi imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, seseorang yang bepergian ke luar negeri berpotensi terserang penyakit. Soalnya, stamina bisa saja menurun karena Anda melakukan perjalanan jauh atau perbedaan cuaca.

Buntutnya, kekebalan tubuh pun juga ikut-ikutan turun. Saat itu, tubuh Anda pun rentan terkena penyakit. "Kami sering kali merawat pasien yang menderita tifus, hepatitis A, malaria, dan demam berdarah setelah pulang dari bepergian," kata Sukamto. Nah, agar tak membawa oleh-oleh penyakit, ia menyarankan Anda membekali diri dengan imunisasi.

Lalu, imunisasi apa saja yang wajib dijalani saat kita ke luar negeri? Hal itu tergantung negara yang akan Anda kunjungi. Jika ingin plesiran ke negara-negara bekas Uni Soviet, Thailand, Aljazair, atau Ekuador, Anda dianjurkan untuk imunisasi difteri. Negara-negara itu menjadi tempat penyebaran virus difteri yang menyerang pernapasan.

Bila bepergian ke kawasan Asia Timur, ada baiknya Anda mempertahankan diri dengan vaksin Japanese encephalitis. Vaksin ini mencegah Anda terserang penyakit peradangan otak yang ditularkan oleh nyamuk jenis culex.

Bagi calon jemaah haji, sebaiknya lindungi diri dengan vaksin meningitis. Kuman meningitis bisa menyebabkan peradangan selaput otak. Pasalnya, ketika naik haji, Anda bakal bertemu dengan banyak orang. "Termasuk dengan orang dari daerah endemis meningitis, seperti Afrika," ujar Sukamto. (Kontan/Sanny Cicilia Simbolon)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com