Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Teknik Mengatasi Depresi

Kompas.com - 04/06/2010, 18:14 WIB

KOMPAS.com - Seberapa tebal gumpalan awan gelap di atas kepala Anda? Gaya hidup, konflik personal, hingga tuntutan kebutuhan menjadi sumber masalah yang membuat stres.

Menurut Daniel K. Hall-Flavin MD, kontributor website Mayo Clinic, stres yang kronis akan berujung pada depresi jika emosi ini tidak ditangani dengan tepat. Terapi dan obat-obatan menjadi metode penyembuhan paling digemari, namun memodifikasi gaya hidup juga membantu seseorang mengatasi stres dan depresi. Berikut langkah mengatasi emosi agar tidak berujung pada depresi berkepanjangan:

1. Perlahan tapi pasti
Lakukan perubahan kecil, namun bertahap dan berkelanjutan, untuk mengatasi masalah. Tentu saja ada tujuan yang ingin Anda capai. Menyelesaikan masalah satu per satu, menyadari emosi Anda, dan berusaha mengatasinya.

2. Istirahat cukup, olahraga, dan makan sehat
Koneksi pikiran dan tubuh sangat kuat, melebihi dari yang bisa Anda bayangkan. Karenanya beri hak tubuh Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga stamina dan menjaga asupan nutrisi yang baik sesuai kebutuhan tubuh Anda. Mayo Clinic menyebutkan, jika Anda memperlakukan tubuh dengan tepat, akan ada perubahan positif pada mental Anda.

3. Ekspresikan emosi
Utarakan emosi Anda, saat Anda merasa tertekan, kelelahan secara emosi, sedih, tak ada harapan, merasa bersalah, malu dan depresi. Penting bagi Anda untuk menerima semua emosi ini saat mereka datang. Lalu cobalah berbagi cerita dan perasaan kepada teman, kekasih, atau orang terdekat kepercayaan Anda. Jika Anda tidak memiliki tempat curhat, usahakan menulis perasaan Anda melalui buku harian atau blog.

4. Pilih kegiatan positif, atau berteman dengan energi positif

Melakukan kegiatan positif memberikan pengalaman berbeda dari kondisi mental Anda. Meskipun seringkali situasi penuh tekanan tidak bisa dihindari, namun bergaul bersama teman dengan energi positif bisa membantu Anda mengatasi emosi. Setidaknya Anda bisa menikmati waktu bersosialisasi untuk mengalihkan stres dan depresi sementara waktu.

5. Tinggalkan rutinitas
Meskipun Anda harus menjalani beberapa rutinitas yang wajib hukumnya, untuk sementara waktu tinggalkan dulu aktivitas yang tidak terlalu penting. Atau, kegiatan yang sebenarnya  membosankan atau sama sekali tidak menyenangkan untuk Anda. Kembalilah kepada rutinitas Anda saat perasaan sudah mulai membaik.

6. Lakukan meditasi

Cobalah mempelajari dan mempraktekkan teknik meditasi, pernafasan dalam, relaksasi otot, atau teknik visual yang memberi sensasi ketenangan. American Academy of Family Physicians merekomendasikan aktivitas yang bisa membantu Anda mengatasi stres dan depresi ini.

7. Membaca buku
Mulailah hunting buku bacaan yang berisi strategi atau motivasi mengenai mengatasi emosi, stres, dan depresi. Penjabaran dari pakar atau orang yang berpengalaman sama, bisa membantu Anda mencari referensi tepat untuk diri sendiri.

8. Minta bantuan

Cobalah terbuka kepada orang terdekat Anda. Meminta bantuan kepada keluarga atau teman bisa mengurangi beban, dan membuat Anda lebih mudah mengatasi emosi negatif dalam diri.

9. Terapi
Untuk memilih terapi dan konseling untuk mengatasi masalah perlu melihat kebutuhan Anda lebih dulu. Terapi perilaku kognitif tepat bagi Anda yang membutuhkan konseling dalam menentukan tujuan dan mengubah perilaku. Sedangkan psikoterapi membantu Anda menganalisa pola perilaku dan membongkar akar masalah dari emosi negatif.

10. Cari obat yang tepat
Bantuan obat antidepresi bisa jadi lebih membantu daripada terapi. Semua kembali kepada kebutuhan Anda. Namun Anda juga harus memiliki referensi yang tepat untuk memilih obat yang cocok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com