Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia Ibu dan Keberhasilan Bayi Tabung

Kompas.com - 17/06/2010, 14:12 WIB

Kompas.com - Saat ini memiliki anak lewat program bayi tabung semakin dipilih pasangan suami istri untuk memiliki anak. Program ini membantu para istri maupun suami yang mempunyai masalah pada alat reproduksi mereka atau juga karena sebab yang tidak jelas.

Tingkat keberhasilan program bayi tabung di Indonesia kini mencapai 40 persen. Menurut Prof.Soegiharto Soebijanto, ahli kandungan dari FKUI/RSCM Jakarta, usia istri sangat mempengaruhi keberhasilan program.

"Hasil program ini pada umur istri di atas 36 tahun sekitar 9 persen. Sedangkan istri yang berumur di atas 30 tahun keberhasilannya mencapai 26 persen," katanya dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar tetap dalam obstetri dan ginekologi FKUI, beberapa waktu lalu.

Pada istri yang berusia 40 tahun, saat stimulasi hanya akan diperoleh beberapa sel telur, kadar estradiol yang rendah, dan dengan angka implantasi yang rendah. Bila terjadi kehamilan biasanya akan banyak gangguan, misalnya abortus atau kelainan kromosom.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan meningkatnya usia istri, akan terjadi penurunan jumlah folikel antral (gelembung yang berisi sel telur) di indung telur. "Maka setiap wanita yang berusia di atas 35 tahun perlu dilakukan evaluasi jumlah folikel yang masih tertinggal," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com